Surabaya (ANTARA) - Seluruh hasil perolehan tiket pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya yang digelar pada 8-12 Desember di Grand City Mall & Convex, Surabaya akan didonasikan kepada korban terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim.

"Kami mengapresiasi upaya Gaikindo yang berniat memberikan sepenuhnya hasil tiket kepada korban terdampak Gunung Semeru," kata Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka pameran GIIAS di ruang Diamond Grand City Mall & Convex, Surabaya, Kamis.

Baca juga: Daihatus bawa tema "Daihatsu The Next Level" di GIIAS 2021

Agus, secara pribadi dan jajaran Kementerian Perindustrian turut berduka dengan adanya bencana letusan Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saya juga pernah ke sana (Gunung Semeru), dan tahu sendiri bagaimana kondisi masyarakat di sana, sebab pernah menjabat sebagai Menteri Sosial, kami turut berduka cita atas peristiwa tersebut," kata Agus.

Sementara Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2021, Rizwan Alamsjah mengatakan ajang GIIAS Surabaya digelar selama lima hari, dan didukung puluhan merek ternama industri otomotif, yakni Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Selain itu, sejumlah mobil baru dan mobil konsep diperkenalkan untuk masyarakat Surabaya pada hari pertama gelaran The World Class Auto Show Series yang digelar Rabu (8/12).

Kendaraan yang sebelumnya diluncurkan pertama kali di dunia pada ajang GIIAS 2021 November 2021, yakni Honda SUV RS Concept juga telah hadir di Surabaya.

Deretan varian mobil listrik juga turut meramaikan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2021, seperti Wuling GS EV, Toyota C+pod, dan Hyundai Kona Electric, dan yang berbeda dari penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2021 adalah peluncuran SUV listrik baru DFSK Seres SF5.

Selain itu, hadir juga mobil-mobil yang mendapatkan potongan PPNBM DTP, seperti Daihatsu Rocky, Daihatsu All New Xenia, Toyota All New Avanza, Toyota All New Veloz, Toyota New Yaris, Toyota New Fortuner, Honda Brio Satya, Honda City Hatchback, dan Honda CR-V.

Baca juga: Yakin dengan pasar Surabaya, MG ikut partisipasi di GIIAS Surabaya

Baca juga: Empat hal yang diunggulkan dari DFSK Seres SF5


“Yang membedakan juga dari pameran sebelumnya adalah kami menerapkan protokol COVID-19, kami menjual tiket hanya secara daring agar dapat mengatur jumlah pengunjung, dan memastikan keamanan dan kenyamanan untuk para pengunjung," ujar Rizwan.

Gaikindo, kata dia, juga terus mengimbau para pengunjung memastikan sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum berkunjung kearea GIIAS Surabaya 2021.

"Seluruh pihak yang hadir harus dalam kondisi sehat, menjalani vaksin minimal 1x dosis, terdaftar diaplikasi PeduliLindungi dan selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021