Jakarta (ANTARA) - Konten kreator dan naravlog kuliner Magdalena Fridawati atau yang akrab disapa Mgdalenaf mengungkapkan bahwa makanan tradisional merupakan makanan yang menjadi tren di tahun 2021.

"Aku lihat sekarang yang sedang viral bisa aku tarik benang merahnya itu sebenarnya makanan tradisional. Banyak makanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu, cuma dikemas lagi secara modern gitu," ungkap Magdalena saat diskusi daring, Kamis.

"Karena sekarang kebutuhan masyarakat demandnya adalah praktis dan higienis, akhirnya sekarang banyak UMKM yang menyajikan makanan di dalam kemasan yang praktis dan higienis gitu. Bisa dikirim ke luar kota, seluruh Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, Magda juga menjelaskan bahwa makanan-makanan yang terinspirasi dari film maupun drama Korea juga menjadi tren di tahun 2021. Misalnya saja seperti permen dalgona yang menjadi tren di masyarakat akibat drama Korea "Squid Game".

Baca juga: Cicip tiga resep favorit Nicholas Saputra

"Aku lihat ada juga yang dipengaruhi sama pop culture juga ya. Kayak film "Squid Game" kemarin, makanan Korea itu kan jadi in banget di Indonesia gitu. Misalnya dalgona candy," ujar Magdalena.

Sementara itu untuk tren kuliner di tahun 2022 mendatang, Magdalena memprediksi bahwa makanan-makanan yang praktis dan higienis masih akan digemari di masyarakat. Selain itu, plant base juga akan semakin menjadi tren di tahun depan.

"Kalau menurut aku, 2022 pasti nggak akan jauh beda sih sama tahun ini. Karena sebenarnya kan demandnya sama saja ya praktis dan higienis. Orang-orang makin aware sama makanan sehat seperti plant based. Terus sesuatu yang tidak terduga juga kalo pop culture juga mempengaruhi tren kuliner," kata Magdalena.

Hal serupa pun juga disampaikan oleh Chef Rinrin Marinka. Dia mengatakan bahwa tahun depan, makanan plant based dan Flexitarian akan semakin menjadi tren di tengah masyarakat.

"Kalau di tahun depan menurut aku, apalagi dengan adanya pandemi, semua maunya tuh sehat gitu. Sekarang yang paling penting itu sehat. Jadi plat based akan tren di tahun depan. Flexitarian it's gonna be a big thing juga," jelas Rinrin.

Baca juga: Visual jadi faktor penting bagi pengusaha kuliner berjualan daring

Baca juga: Tren wisata hingga kuliner tahun 2019 di platform Traveloka

Baca juga: Menu ini terinspirasi dari kehangatan perayaan akhir tahun


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021