Tren kencan online 2021 dari emoji hingga lokasi favorit

Tren kencan online 2021 dari emoji hingga lokasi favorit

Tren kencan online 2021 dirangkum oleh Tinder. (ANTARA/HO/Tinder Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Kencan online kini bukanlah barang baru lagi apalagi saat ini memang semua kegiatan dilakukan secara daring. Salah satu aplikasi kencan online yang beroperasi di Indonesia yaitu Tinder merangkum berbagai tren sepanjang 2021 menunjukkan adanya hal- hal baru yang diciptakan oleh para penggunanya di Tanah air.

Mengutip siaran pers Tinder, Kamis, ada beberapa tren baru itu dikategorikan mulai dari emoji terfavorit, obrolan pembuka, hingga kegiatan serta lokasi favorit yang dipilih untuk memulai perjumpaan.

Baca juga: Cara Dikta cari pasangan sefrekuensi di aplikasi kencan "online"

Berikut selengkapnya tren terbaru mengenai kencan online di 2021.

Emoji Terfavorit

Di saat jutaan emoji digunakan di biodata Tinder, satu emoji yang sedang naik daun dan menarik perhatian yaitu emoji “????” atau kita mengenalnya sebagai emoji “Side Eye” (Lirikan Mata).

Tercatat dalam data Tinder penggunaan emoji lirikan mata itu secara global terdapat peningkatan terutama di biodata pengguna Tinder.

Ada sebanyak 40 persen peningkatan penggunaan side eye di 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penggunaan emoji itu ditengarai untuk menunjukkan rasa optimisme namun juga skeptisisme sepanjang tahun terkait kondisi pandemi yang tak kunjung usai.

Selain emoji “????”, dua emoji lainnya yang menjadi favorit orang Indonesia di 2021 adalah emoji “✨“dan “????”.

Keduanya dinilai membawa aura positif dan menunjukkan rasa optimisme menghadapi masa depan.

Baca juga: Tinder tambahkan video untuk profil

Pilihan kencan

Pada 2021, pengguna menikmati kencan virtual dan pertemuan langsung pasca vaksinasi COVID-19 dirilis secara global.

Kencan lewat video berubah menjadi cara utama kencan pertama bagi para lajang dengan penyebutan "panggilan video" di biodata Tinder meningkat sebesar 52 persen secara global.

Sedangkan di Indonesia, pengguna khususnya dari kalangan Gen Z juga melihat kencan virtual sebagai kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih kuat, dengan Riau, Jakarta dan Lampung sebagai tiga kota teratas yang paling suka mengobrol lewat obrolan video (video chat).

Namun, Gen Z juga ingin terhubung dengan orang-orang baru yang dekat dengan mereka untuk kehidupan nyata dengan penyebutan "terdekat" dan "dekat" keduanya meningkat sebesar 20 persen dalam biodata Tinder secara global.

Ide kencan pertama hingga lokasi favorit

Di 2021, ide kencan pertama lebih banyak membahas seputar aktivitas dibandingkan dengan membahas ice breaker atau pencair suasana.

Mereka yang lajang memilih aktivitas kencan pertama yang lebih menarik dan unik untuk membantu mereka benar-benar kenal satu sama lain.

Banyak terlihat di biodata Indonesia, kegiatan di luar ruangan seperti naik gunung, berkemah dan golf menjadi pilihan Gen Z di Indonesia untuk membuat pengalaman kencan pertama yang tak terlupakan.

Selain melakukan kegiatan di luar ruangan, kegiatan santai juga menjadi salah satu ide kencan pertama yang menjadi favorit di Tinder.

Beberapa kegiatan itu di antaranya bertemu untuk meminum kopi di kafe atau piknik di area taman.

Pembuka obrolan favorit

Vaksinasi COVID-19 saat ini sudah seperti paket komplit dalam kehidupan berdamai dengan pandemi, ini juga menjadi topik yang paling banyak dibahas untuk membuka obrolan di Tinder.

Pengguna merasa gaya hidup mereka setelah vaksinasi membuat diri mereka jadi lebih aman untuk bertemu dengan orang lain.

Setelah program vaksinasi dipercepat oleh Pemerintah, penyebutan ‘Vaksin’ di biodata anggota Tinder di Indonesia ikut meningkat di bulan September ketika anggota menginginkan status vaksinasi menjadi hal yang penting saat kencan.

Gestur kecil menjadi hal yang besar

Hal-hal kecil membuat sebuah kencan menjadi favorit tercatat penyebutan "hal-hal kecil" meningkat 30 persen dari tahun ke tahun di biodata Tinder saat para anggota berbagi apresiasi mereka terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang membuat mereka bahagia.

Pengguna Tinder di Indonesia menyukai berbagai gestur kecil seperti “dikejutkan dengan kopi” atau “saat gaya berpakaian mereka dipuji” yang akan membuat hari mereka jadi lebih menyenangkan**.

Lagu-lagu kencan favorit

Dengan musik menjadi yang paling diminati oleh anggota Tinder secara global, lagu-lagu yang dipilih pengguna untuk ditampilkan di profil mereka memberi tahu kami banyak hal tentang suasana hati mereka.

Emosi pada lagu “good4u” dari Olivia Rodrigo serta “STAY” dari Kid Laroi dan Justin Bieber menduduki peringkat teratas di biodata Tinder pada 2021.

Kedua lagu itu dinilai menggambarkan suasana yang tulus namun terasa nyata.



Baca juga: Tinder akan pakai kartu identitas untuk verifikasi akun

Baca juga: Fakta kencan online, vaksin COVID-19 jadi syarat bertemu langsung

Baca juga: Tinder luncurkan fitur video profil


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

48 pelaku kejahatan lintas negara ditangkap, modus aplikasi kencan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar