Ratusan pengunjung difabel rekreasi gratis di Ancol

Ratusan pengunjung difabel rekreasi gratis di Ancol

Sejumlah anak penyandang disabilitas dengan didorong kursi roda oleh pendamping dari Dinas Sosial DKI Jakarta berekreasi di Sea World, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (9/12/2021). ANTARA/Abdu Faisal.

Baru pertama kali ke sini (Sea World Ancol)
Jakarta (ANTARA) - Ratusan pengunjung difabel menikmati rekreasi gratis di Taman Impian Jaya Ancol pada Rabu dan Kamis untuk merayakan Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember.

Total, menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari, di Jakarta, Kamis, ada 486 penyandang disabilitas serta 239 pendamping dan keluarganya yang mengikuti rekreasi ke Ocean Dream Samudra Ancol, Sea World dan Dunia Fantasi.

"Kami ingin berbagi kebahagiaan di Hari Disabilitas Internasional ini," ujar Premi.

Satu di antara penyandang disabilitas, Syaiful Ahmad mengaku senang, bahagia dan terhibur bisa berkunjung untuk pertama kalinya ke Sea World Ancol menggunakan kursi rodanya.

"Baru pertama kali ke sini (Sea World Ancol), dalam rangka Hari Disabilitas Internasional. Tempatnya nyaman, ramah disabilitas juga. Jadi, mudah jalan-jalannya semua bagi pengguna kursi roda," ujar Syaiful.

Baca juga: Manajemen Ancol siap sambut wisatawan di Faunaland

Syaiful adalah penyandang tunadaksa yang tergabung dengan Yayasan Disabilitas Indonesia Satu, Jakarta Timur.

Ia mengatakan berangkat ke Sea World Ancol bersama 29 orang rombongan YDIS lainnya menggunakan bus sejak pukul 09.00 WIB.

"Masuk ke sini gratis, dari Dinas Sosial DKI Jakarta yang mengundang untuk datang ke sini," kata Syaiful.

Sementara itu, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Budi Aryanto mengatakan kunjungan penyandang disabilitas itu adalah kunjungan kedua. Sebelumnya, kunjungan yang sama juga dilaksanakan pada Rabu 8 Desember.

"Ini adalah kunjungan kedua, kemarin pertama. Yang sekarang total kami pada hari ini berkesempatan untuk menyambut 725 teman-teman difabel. Harapan kami, tidak hanya berhenti di hari ini, teman-teman bisa merasakan kegembiraan menikmati wahana-wahana yang ada di Ancol," ujar Budi.

Baca juga: Jakpro-PJAA jalin interkoneksi area Taman Impian Jaya Ancol dan JIS

Budi menyampaikan terima kasih karena Dinas Sosial DKI memberi kesempatan kepada Ancol untuk berkolaborasi dalam merayakan Hari Disabilitas Internasional tahun ini.

Ia juga menyadari saat ini masih pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan kunjungan dengan jumlah besar dalam satu waktu bersamaan.

Untuk itu, kunjungan ratusan pengunjung tersebut dipecah menjadi dua hari dan per hari memiliki tiga rombongan.

Ada rombongan yang ke Sea World, ada yang ke Dufan, dan ada yang ke Ocean Dream Samudera. Kemudian pengaturannya disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung masing-masing.

Menurut daftar yang dibagikan oleh Komunikasi Korporat PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho, pada Rabu (8/12) ada 160 orang dalam satu rombongan yang berkunjung ke Dufan, 93 orang ke Sea World dan 110 orang ke Ocean Dream Samudra.

Baca juga: Warga senang Ancol mulai buka lagi

Sedangkan Kamis, ada 160 orang dalam satu rombongan ke Dufan, 92 orang ke Sea World, dan 110 orang ke Ocean Dream Samudra.

"Memang saat ini kondisi kami masih dalam situasi pandemi, sehingga kami menyarankan pembatasan kuota yang ada tersebut. Sekaligus kami juga mengikuti kebutuhan dari para peserta yang akan hadir, menyesuaikan dengan kebutuhan mereka," kata Eko.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Libur natal, jumlah pengunjung Ancol sama seperti akhir pekan biasa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar