Formula 1

Enam momen mencengangkan dalam perebutan gelar F1 2021

Enam momen mencengangkan dalam perebutan gelar F1 2021

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton meninggalkan mobil setelah tabrakan dengan pebalap Red Bull Max Verstappen di Grand Prix Italia, Sirkuit Monza, pada 12 September 2021. ANTARA/REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull max Verstappen dan saingan utamanya dari Mercedes, Lewis Hamilton menuju balapan pemungkas musim F1 2021 di Abu Dhabi pada akhir pekan ini dengan torehan poin sama, namun Verstappen unggul jumlah kemenangan.

Berikut enam momen mencengangkan yang melibatkan kedua pebalap di kejuaraan sepanjang musim ini: 
 
Max Verstappen dari Red Bull menendang kemudi mobilnya setelah terjatuh dari balapan di Sirkuit Azerbaijan Grand Prix di Baku City, Baku, Azerbaijan, Minggu (6/6/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Anton Vaganov/WSJ/sa. (REUTERS/ANTON VAGANOV)


Ban Meledak dan blunder rem Hamilton di GP Azerbaijan, Baku (6/6)

Verstappen, kala itu unggul empat poin di puncak klasemen, memimpin lomba di depan rekan satu timnya, Sergio Perez ketika ban belakang mobil sang pebalap Belanda pecah di lintasan lurus utama dengan lima lap terisa.

Balapan dihentikan sementara dan Hamilton ingin memanfaatkan kesialan yang dialami sang rival.

Perez memimpin ketika restart dan Hamilton, yang membuntuti di posisi kedua, secara tak sengaja menekan tombol yang seharusnya membantunya mengerem namun malah gagal membuatnya berhenti di tikungan pertama.

Hamilton harus puas finis P15 karena blunder itu dan Perez meraih kemenangan untuk Red Bull.

Baca juga: Perez juarai GP Azerbaijan setelah kecelakaan dramatis Verstappen 

Saling tuduh setelah tabrakan di GP Inggris, Silverstone (18/7)

Verstappen memiliki keunggulan 33 poin setelah memenangi sprint race pertama pada Sabtu, dan Hamilton runner-up. Keduanya kemudian terlibat senggolan di lap pertama balapan, Minggu.

Verstappen harus dikirim ke rumah sakit untuk cek medis sedangkan Hamilton mendapat penalti 10 detik karena menyebabkan tabrakan tersebut, namun masih mampu memenangi balapan di kampung halamannya itu dan memangkas keunggulan Verstappen menjadi delapan poin saja.

Hubungan kedua pebalap disebut-sebut berada di titik rendah setelah insiden tersebut. 
 
Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton dan pebalap Red Bull Max Verstappen di Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, Inggris. (18/7/2021)(REUTERS/PETER CZIBORRA)


Bottas menghancurkan balapan Verstappen di GP Hungaria, Budapest (1/8)

Hamilton merangsek dari posisi paling belakang hingga finis ketiga untuk mengambil alih pimpinan klasemen dari Verstappen, yang harus finis P10 meski start dari P2.

Rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas menghancurkan upaya Verstappen ketika dia menjalani start lambat dan menyenggol mobil McLaren Lando Norris, yang kemudian meluncur ke arah mobil Red Bull dan menyebabkan bendera merah dikibarkan.

Hamilton memimpin saat restart namun dengan ban yang salah dan harus masuk pit satu lap berselang, bergabung kembali ke balapan dari posisi paling belakang.

Baca juga: Juarai GP Hungaria, Ocon klaim kemenangan perdana di F1 

Verstappen di atas mobil Hamilton, GP Italia, Monza (12/9)

Sekali lagi akhir pekan dengan balapan sprint, dan juga tabrakan di antara dua rival utama perebutan gelar musim ini. Hamilton start keempat sedangkan Verstappen diwarisi pole position setelah penalti mesin mengirim juara sprint race Valtteri Bottas ke belakang.

Hamilton sekali lagi menantang Verstappen tapi dipaksa melebar ke area runoff di chicane kedua. Ketika Hamilton masuk pit, dia masuk kembali ke trek di samping sang rival di lap ke-26 dan keduanya berjalan beriringan sebelum bersenggolan menuju chicane pertama.

Mobil Red Bull Vestappen terangkat hingga menimpa mobil Mercedes Hamilton dan kedua pebalap gagal menyelesaikan lomba. 
 
Pebalap Red Bull Max Verstappen dan pebalap Mercedes Lewis Hamilton terlibat tabrakan saat balapan F1 GP Monza di Autodromo Nazionale Monza, Monza, Italia (12/9/2021). Pembalap McLaren Daniel Ricciardo berhasil menjadi juara pada balapan tersebut (ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini/aww)


Hamilton melesat dari belakang, Steward bergeming di GP Brazil, Sao Paulo (14/11)

Hamilton memerlukan kemenangan setelah Verstappen menjuarai GP Amerika Serikat dan Meksiko. Sang pebalap Inggris memimpin kualifikasi untuk sprint race Sabtu tapi harus dikirim ke grid paling belakang karena sayap belakang mobilnya tidak lolos inspeksi teknis.

Dia berjuang kembali untuk finis kelima namun penalti mesin menurunkan posisi startnya ke P10 untuk balapan Minggu, yang mampu ia menangi pada akhirnya.

Momen utama terjadi ketika Verstappen memaksa Hamilton keluar trek dan juga melebar ketika mempertahankan posisi pimpinan lomba. Pengawas balapan bergeming melihat insiden itu, keputusan yang menimbulkan preseden dan ketidakpercayaan di kubu tim Mercedes.

Baca juga: Hamilton kehilangan podium lantaran jadi biang kerok insiden Albon 

Verstappen 'menguji rem' di GP Arab Saudi, Jeddah (5/12)

Verstappen memiliki peluang pertamanya mengunci gelar, di saat Hamilton mengejar hattrick kemenangan secara beruntun. Sang pebalap Belanda nyaris mengamankan pole position sebelum menabrak pagar pembatas di lap terakhir kualifikasi.

Balapan penultima musim itu dihentikan dua kali sebelum kedua pebalap bersenggolan di lap ke-37 saat Verstappen tiba-tiba melambatkan mobilnya di depan Hamilton setelah diperintahkan untuk menyerahkan posisi pimpinan lomba. 
 
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen dan pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton di Grand Prix Arab Saudi, Sirkuit Corniche, Jeddah (5/12/2021) (REUTERS/AHMED YOSRI)


Hamilton mengeluhkan ulah rivalnya itu yang dianggap mengetes rem, namun kemudian ia mampu memenangi balapan di sirkuit jalan raya di pesisir Laut Merah itu dengan satu poin bonus lap tercepat untuk menyamakan raihan poin di klasemen, demikian Reuters. 

Baca juga: Hamilton redam Verstappen di tengah kacaunya GP Arab Saudi 
Baca juga: Drama tabrakan sebabkan chaos di GP Arab Saudi 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar