Progresnya sudah 30 persen
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 13 anggota satuan tugas (Satgas) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur memperbaiki turap ambrol di saluran penghubung (Phb) Jl. H. Baping RT 10/06, Ciracas.

Kasatpel SDA Kecamatan Ciracas, Yulia Indah, di Jakarta, Kamis, mengatakan perbaikan turap ambrol tersebut dilakukan di dua sisi.

Perbaikan salah satu sisi sepanjang 30 meter baru selesai dituntaskan pada pekan lalu.

"Panjang turap yang sedang kita perbaiki di saluran Phb Jl H. Baping, 90 meter dengan tinggi 1,4 meter. Progresnya sudah 30 persen dan ditargetkan rampung akhir Desember ini," kata Yulia.

Yulia menambahkan bahwa turap yang lokasinya tak jauh dari SDN Susukan 05 ini ambrol sekitar lima bulan lalu. Saat itu debit air sedang tinggi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

"Perbaikan baru dilakukan sekarang karena konstruksinya cukup panjang. Kemudian gambar perencanaan dari Sudin SDA Jakarta Timur baru keluar pada November kemarin," ujar Yulia.

Dia mengatakan perbaikan turap menggunakan material batu kali. Setiap jarak lima meter dipasangi pondasi menerus (sloof).

Kemudian pada bagian atas dan bawah turap juga dipasangi pondasi menerus agar lebih kokoh.

Yulia mengatakan musim hujan yang saat ini terjadi menjadi tantangan dalam proses perbaikan turap tersebut.

"Saat ini musim hujan sehingga pekerja tidak bisa melakukan perbaikan turap saat cuaca diguyur hujan deras," tutur Yulia.

Yulia belum merinci anggaran untuk pekerjaan itu, termasuk sumbernya, apakah menggunakan APBD atau swadaya.

Baca juga: Turap kali di Cengkareng Barat ambrol
Baca juga: Turap jembatan nasional di Tulungagung ambrol akibat banjir

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021