Polda Metro-TransJakarta bahas peningkatan keamanan berkendara

Polda Metro-TransJakarta bahas peningkatan keamanan berkendara

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (kiri) dan Dirut TransJakarta Mochamad Yana Aditya berikan keterangan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (9/12/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan manajemen PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) membahas peningkatan keamanan berkendara berdasarkan sejumlah rekomendasi pihak kepolisian terkait rentetan kecelakaan pada beberapa waktu terakhir.

"Ditlantas Polda Metro Jaya mengadakan audiensi dengan manajemen TransJakarta yang dihadiri langsung Dirut TransJakarta Bapak Mochamad Yana Aditya, pembahasan tentang meningkatnya kecelakaan yang dialami TransJakarta," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis.

Baca juga: TransJakarta buka rute baru Jakarta International Stadium - Harmoni

Dalam pertemuan tersebut pihak Ditlantas Polda Metro Jaya turut memberikan rekomendasi kepada TransJakarta, antara lain perbaikan jam operasional, jam istirahat para sopir, dan pengawasan di koridor.

Kemudian pemberian sanksi dan penghargaan terkait dengan pengelolaan aspek keselamatan TransJakarta, penghargaan bagi sopir terbaik serta peninjauan terkait dengan permesinan, standar keselamatan hingga pembatas kecepatan, hingga tempat untuk istirahat sopir.

"Ada beberapa saran-saran perbaikan yang sudah kita sampaikan ke pihak TransJakarta dan pihak TransJakarta sendiri berjanji memperbaiki dan melaksanakan rekomendasi yang kita berikan," ujar Sambodo.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama TransJakarta Mochamad Yana Aditya menyebutkan secara garis besar ada tiga aspek pembahasan dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Baca juga: Wagub DKI sebut persoalan TransJakarta masih dicarikan solusi

"Kami diskusi tiga hal pertama aspek pengawasan, kami akan kerjasama dengan Polda Metro Jaya bagaimana awasi koridor dan awasi pengemudi dan follow-up manajemen agar tak terjadi kecelakaan dan mitigasi risiko agar kurangi kecelakaan lantas tahun depan," ujar Yana.

Dia juga menyampaikan diskusi berlangsung dengan positif dan diharapkan bisa menekan angka kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan.

Selanjutnya, pihak TransJakarta akan mengadakan pertemuan dengan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan pemangku kepentingan lain terkait untuk evaluasi dan peningkatan aspek keamanan dan keselamatan di jalan.

"Saya akan bikin standar kami akan lihat evaluasi KNKT dan Polda Metro Jaya seperti apa sehingga ada standar baru, jadi pembaharuan," tutur Yana.

Baca juga: Polisi sebut ada kelemahan SDM dan prosedur keselamatan TransJakarta

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar