Sebelas durian Tabalong mendapat sertifikat kekayaan intelektual

Sebelas durian Tabalong mendapat sertifikat kekayaan intelektual

Bupati Tabalong terima sertifikat dari Kemenkumkam. ANTARA/Herlina Lasmianti..

Sangat membanggakan durian lokal Tabalong bisa mendapat sertifikat kekayaaan Intelektual Komunal
Tanjung (ANTARA) - Sebanyak 11 varietas durian spesifik lokal Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat sertifikat kekayaaan Intelektual Komunal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung Kamis mengatakan sertifikat tersebut diserahkan langsung melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Selatan Tejo Warwanto.

"Sangat membanggakan durian lokal Tabalong bisa mendapat sertifikat kekayaaan Intelektual Komunal dari Kementerian Hukum dan HAM," ungkap Anang.

Varietas durian lokal yang mendapat sertifikat yakni Gantar Bumi Uya , Durian Taradak Uya, Kamundai Kuning, Kamundai Merah, Likol Burum (Durio sp.), Layung Burum, Likol Kuning, Likol Santuun, Layung Pujung, Pempakin Merah dan Durian Siduduk Lumbang.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Genetik Buah dan Tanaman Hias Distan Tabalong Endang Susilowati Dwi Hartati mengatakan, untuk varietas Durian Siduduk dan cabe rawit varietas Tiung Tanjung, juga mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanian.

"Varietas Durian Siduduk dan cabe rawit Varietas Tiung Tanjung juga mendapat sertifikat varietas lokal dari Kementerian Pertanian," jelas Endang.

Sebelumnya 10 durian lokal 'Bumi Saraba Kawa' ini juga mendapat sertifikat hak perlindungan varietas tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP).

Masing - masing durian lokal Layung Burum, Tandak Uya, Pempakin Merah, Layung Pujung, Gantar Bumi Uya, Likol Burum dan Likoi Kuning.

Tabalong merupakan kabupaten yang dikenal dengan kekayaan sumber daya alam baik itu pertambangan, hutan dan budaya.

Kabupaten Tabalong, juga dikenal sebagai surganya buah-buah endemik, yang banyak di dapatkan di kawasan hutan, termasuk durian dan buah langka lainnya.
Baca juga: Tabalong raih penghargaan Sasangga Banua atas pengelolaan lingkungan
Baca juga: Perjuangan Parlihan, balian muda entaskan warga adat dari buta aksara
Baca juga: Ratusan calon haji Tabalong divaksin COVID-19

Pewarta: Ulul Maskuriah/Herlina Lasmianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara menyantap si raja buah durian dengan tepat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar