Kami terus 'gaspol', kami terus melakukan percepatan
Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro dan kerja sama operasional (KSO) akan terus mengakselerasi penyelesaian proyek Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut, meski peluncuran awalnya ditunda. 

Manajer proyek JIS Arry Wibowo di Jakarta Utara, Kamis, mengatakan saat ini kemajuan pembangunan JIS sudah hampir mendekati 90 persen, yakni sekitar 87,85 persen.

"Ini sesuai komitmen kami, bukan berarti karena peluncuran awal ditunda lantas kami kendor ya. Kami terus 'gaspol', kami terus melakukan percepatan. Ini masih dua persen lebih maju, dari rencana," ujar Arry.

Untuk saat ini instalasi lampu utama sudah terpasang kurang lebih 80 persen, demikian juga dengan sistem audio (sound system).

Selain itu, kursi tribun reguler per Rabu (8/12) sudah terpasang hampir 70.000 tempat duduk dan nanti akan terus dipasang sampai dengan lengkap untuk tiga tingkat.

Baca juga: TransJakarta buka rute baru Jakarta International Stadium - Harmoni

Arry mengatakan sejumlah target pekerjaan yang selesai antara lain sudah menyelesaikan pekerjaan penutup atap (metal sheet) hingga menutup semua.

Kemudian area lapangan utama (field of play/FOP) juga masih perlu penyempurnaan sedikit lagi, meski saat ini sudah bisa dilihat bahwa untuk tiang gawang sudah siap untuk dipasang.

Harapannya, dua hari lagi atau pada 11 Desember nanti, fasilitas yang berhubungan dengan pertandingan sudah siap beroperasi seluruhnya.

"Jadi masih menjaga tren positif, insya Allah terus kami jaga sampai nanti penyelesaian akhir proyek. Kami selesaikan nanti per 11 Desember. Kami terus berprogress semuanya, bereksplorasi," ujar Arry.

Selain itu ruang-ruang prioritas juga sedang disiapkan, terutama fasilitas untuk orang penting (VIP) dan orang sangat penting (VVIP) yang ingin mendapat tampilan terbaik saat menonton pertandingan atau konser musik di JIS.

Baca juga: Seluruh atap baja di JIS sudah tertutup, realisasi capai 87,85 persen

"Untuk VVIP atau Royal Lounge, kami juga insya Allah nanti hari Sabtu 11 Desember itu sudah siap demikian juga dengan boks korporat (VIP) ya, nantinya kami siapkan di lantai lima, di sisi barat, jumlahnya ada tujuh, tiga besar dan empat kecil," kata Arry.

Untuk area VIP, saat ini sudah tersedia dan sedang pelaksanaan penyempurnaan bagian dalam (interior)-nya. Sejumlah furnitur juga sudah masuk di dalamnya.

Selain itu, fasad di sisi utara JIS memang tampak masih belum terpasang seluruhnya dan ditargetkan pada akhir Desember.

"Akhir Desember fasad JIS ini sudah terinstall keliling,"  kata Arry.

Sebelumnya, acara peluncuran awal JIS sekaligus partai puncak International Youth Championship (IYC) 2021 yang sedianya dijadwalkan pada 11 Desember, telah ditunda oleh pemerintah.

Baca juga: JIS diproyeksikan dongkrak jumlah wisatawan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan penundaan laga yang mempertemukan tim muda Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid dengan Indonesia All-Star itu ditunda karena memperhatikan kondisi pandemi COVID-19.

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021