Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Komando Armada II (Koarmada II) menyalurkan 30 ribu dosis vaksin untuk warga Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Kamis.

Vaksinasi serentak secara massal digelar di halaman Pasar Pon Trenggalek mulai Kamis, dan ditinjau langsung oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnuwanto beserta jajaran.

Dalam pidato sambutannya, Pangkoarmada II menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi masal oleh TNI AL di Trenggalek dan Tulungagung yang digelar secara bersamaan merupakan wujud pengabdian TNI kepada masyarakat, yang dilaksanakan dalam, rangkaian peringatan Hari Armada Republik Indonesia 2021.

"Serbuan vaksinasi untuk kedua kalinya itu adalah wujud silaturahmi Koarmada II bersama warga Kabupaten Trenggalek, selain upaya untuk percepatan vaksinasi agar kekebalan komunal segera terbentuk," kata Iwan.

Kendatipun telah divaksin, Laksamana Iwan mengingatkan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Syukur alhamdulillah bahwa kedatangan kami ini adalah sebagai rasa persahabatan, silaturahmi yang tidak terputus antara Koarmada II TNI Angkatan Laut dengan Kabupaten Trenggalek. Keberadaan kami, kecintaan kami, maka seperti yang kami sampaikan dulu, akan kami datang kembali, kami konsisten untuk bisa melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Trenggalek,” katanya.

Ia menyatakan optimis distribusi 30 ribu dosis dalam serbuan vaksinasi Koarmada II TNI AL dapat terselesaikan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan.

Vaksinasi masal itu sendiri digelar di sejumlah tempat di Trenggalek. Selain di area Pasar Pon Trenggalek, vaksin juga didistribusikan ke 22 puskesmas yang tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek.

"Harapan saya sebagaimana pesan dari Kepala Staf Angkatan Laut adalah kita selalu menjaga imunitas kita, menjaga protokol kesehatan kita. Walaupun sudah divaksin satu atau dua kali tetap yang paling utama adalah untuk tidak lupa menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menambahkan, vaksinasi masal ini secara signifikan akan mendorong capaian target vaksinasi di Kabupaten Trenggalek.

Saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Trenggalek untuk dosis pertama pada kisaran 64 persen. Diharapkan dengan tambahan 30 ribu dosis vaksin tersebut dapat meningkatkan capaian hingga 70 persen.

"Harapan kami, setelah natal dan tahun baru tidak terjadi puncak kasus atau tambahan kasus-kasus baru di Kabupaten Trenggalek. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Bupati Nur Arifin. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021