Selain mengirim bantuan logistik, kami juga mengirim bantuan personel untuk membantu korban bencana di sana
Pamekasan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Kamis malam, mengirim bantuan logistik untuk korban erupsi Semeru di Lumajang, Jawa Timur, yang merupakan hasil pengumpulan institusi tersebut dari berbagai elemen masyarakat.

"Selain mengirim bantuan logistik, kami juga mengirim bantuan personel untuk membantu korban bencana di sana," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan, Kamis malam.

Jumlah personel yang diberangkatkan untuk membantu korban bencana erupsi Semeru itu sebanyak 10 orang, gabungan dari anggota BPBD Pamekasan dan relawan penanggulangan bencana Pamekasan yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan.

Baca juga: FRPB Pamekasan kirim bantuan ke korban gempa Lumajang

Logistik yang dikirim itu terdiri dari beras 1 ton, mi instan, makanan ringan, susu bayi, bedak bayi, popok bayi, peralatan mandi, bantal, minyak kayu putih, peralatan shalat, masker, sandal, sikat gigi dan sabun cuci.

"Bantuan ini kita berangkatkan malam ini juga," katanya.

Personel yang diberankat terdiri dari BPBD Pamekasan, Forum Relawan Penanggulangan Bencana Pamekasan, dan pecinta alam dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Mahasiswa Pecinta Alam Pamekasan.

Baca juga: Tumpukan sampah jadi masalah di tempat pengungsian warga

"Personel yang berjumlah 10 orang ini akan bertugas di Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, selama tiga hari," katanya.

Sebelumnya sebanyak empat relawan asal Pamekasan telah dikirim terlebih dahulu ke Lumajang, guna membantu korban erupsi Semeru, sehingga total petugas dan relawan Pamekasan yang dikirim ke Lumajang sebanyak 14 orang.

Baca juga: Bupati tegaskan area terdampak letusan Semeru bukan tempat wisata

Baca juga: Bupati Lumajang sampaikan hasil kunjungan Presiden ke bencana Semeru

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021