Jakarta (ANTARA) - Dua grup K-Pop yakni BTS dan NCT diprediksi akan bersaing ketat memperebutkan piala untuk kategori Best Male Group di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021, menurut PR & Communication Lead JOOX Indonesia, Eveline, saat bincang-bincang virtual, Kamis malam.

"BTS dan NCT Dream, lebih tepatnya, lebih unggul dibanding nominasi lain (berdasarkan jumlah streaming di JOOX)," kata Eveline.

Sependapat dengan Eveline, kreator konten K-Pop Kim Darlings mengatakan kedua grup tersebut memiliki basis penggemar yang sangat kuat di Indonesia dan seluruh dunia sehingga persaingan mereka di MAMA 2021 akan sangat sengit.

"Kayaknya NCT dan BTS sih, lagi gede-gedenya banget. Walaupun semua (nominasi) sama-sama gede, balap-balapan, tapi menurutku NCT sama BTS sih," ujar Kim.

Baca juga: BTS tak akan hadiri MAMA 2021

Lebih lanjut, Eveline juga mengungkap dua nominasi MAMA 2021 dari kategori lain yang unggul berdasarkan jumlah streaming di JOOX hingga November 2021.

Untuk kategori Best Band Performance, "You Make Me" oleh DAY6 dan "Then, Now, and Forever" oleh CNBLUE diprediksi akan unggul, sedangkan untuk kategori Best Hip Hop & Urban Music ada "What Type of X" oleh Jessi dan "Run Away" oleh Mino.

Kolaborasi AKMU dan IU lewat "Nakka" diprediksi menghadapi persaingan yang sengit dengan Coldplay dan BTS lewat lagu "My Universe" untuk memperebutkan piala kategori Best Collaboration.

Kemudian, nominasi yang diprediksi unggul untuk kategori Best Original Soundtrack (OST) adalah "Wish" oleh Choi Yu-ree dari drama "Hometown Cha-Cha-Cha" dan "Borrow Your Night" oleh 10cm dari drama "Romance 101".

Untuk kategori Best Male Artist, nominasi yang diprediksi unggul adalah D.O dan Baekhyun, sedangkan kategori Best Female Artist ada IU dan Rose. Sementara itu, untuk kategori Best Female Group, TWICE dan ITZY diprediksi unggul.

MAMA 2021 akan berlangsung pada Sabtu di Content Studio milik CJ ENM di Kota Paju, Provinsi Gyeonggi pada 11 Desember 2021 pukul 18.00 waktu setempat.

Sebagai layanan musik streaming, JOOX akan menyiarkan MAMA 2021 untuk seluruh penggunanya secara gratis.

"Untuk MAMA 2021, kita kasih untuk seluruh pengguna JOOX baik VIP maupun yang gratis. Dari red carpet sampai penghargaan. Modalnya cuma punya JOOX dan kuota internet," kata Eveline.

Baca juga: ITZY dan aktor "Squid Game" Heo Sung Tae akan kolaborasi di MAMA 2021

Baca juga: NCT akan bawakan lagu baru "Universe" pertama kali di MAMA 2021

Baca juga: Kemarin, BTS tak akan hadiri MAMA 2021 hingga spin off "Money Heist"

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021