Jakarta (ANTARA) - Media sosial berbasis audio Clubhouse menghadirkan sejumlah fitur terbaru yaitu Komposer Ruangan (Room Composer), pilihan aktivasi NSFW (Not Safe/Suitable For Work), dan informasi jumlah audiens dalam sebuah room (Audience Count).

Mengutip keterangan resminya pada Jumat, Komposer Ruangan disiapkan untuk mengurangi kepanikan yang kerap dirasakan oleh para kreator saat ruangan berlangsung. Hal ini biasanya terjadi saat kreator harus mengatur beberapa hal secara bersamaan di saat ruangan sedang berlangsung.

Sekarang, ketika pengguna memilih "Memulai Membuat Ruangan" (Start a Room), pengguna dapat menentukan terlebih dahulu pilihan pengaturan yang diinginkan untuk ruangan tersebut, sebelum ruangan itu benar-benar dimulai.

Pengguna tentunya juga dapat mengatur apakah ruangan tersebut bersifat tertutup, sosial, atau publik dan bahkan dapat membuat ruangan secara langsung dari Klub.

Baca juga: Clubhouse sediakan pilihan Bahasa Indonesia di aplikasi

Semua fitur pelengkap lainnya seperti Replay, Pinned Link, Topics, pengaturan bahasa, Raise Hand, dan kualitas audio pun dapat diatur terlebih dahulu sebelum pengguna membuka ruangan untuk audiens.

Clubhouse juga menyediakan pengaturan fitur NSFW (Not Safe/Suitable For Work) yaitu untuk menyaring topik-topik tertentu yang tidak ingin dilihat oleh audiens di ranah publik atau ranah formal.

Dengan adanya fitur NSFW ini, pengguna sebagai audiens dapat melakukan pengaturan tentang ruangan apa saja yang ingin lihat dan tidak ingin lihat di koridor.

Cara mengaktifkan fitur NSFW adalah dengan memilih menu Pengaturan, lalu pilih Akun, lalu pilih Sembunyikan Ruangan NSFW; setelah itu, pengguna tidak akan lagi melihat ruangan tersebut di koridor.

Di samping itu, para kreator juga dapat melakukan pengaturan secara mandiri jika ruangan yang akan dibuat termasuk dalam NSFW.

Pengaturan ini akan membantu kreator dalam menarik audiens yang memang tertarik dengan topik di ruangan tersebut, di saat yang bersamaan, menyembunyikan ruangan tersebut dari orang-orang yang tidak tertarik dengan topik tersebut.

Fitur Jumlah Total Audiens (Total Audience Count) kini dapat dilihat oleh semua orang. Artinya, siapa pun yang bergabung dalam suatu ruangan akan dapat melihat jumlah total audiens yang masuk ke ruangan tersebut.

Jika sebelumnya jumlah audiens hanya dapat terlihat bagi kreator, kini semua orang dapat melihatnya.

Tentunya ini menjadi fitur yang dapat membantu para Clubhouser untuk mendapatkan gambaran berapa banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama akan sebuah topik di dalam ruangan di Clubhouse.

Baca juga: Clubhouse kembangkan fitur "Topics"

Baca juga: Clubhouse luncurkan pengaturan bahasa Indonesia

Baca juga: Aplikasi diskusi bisa jadi wadah tukar pikiran masyarakat

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021