Indonesia saat ini memiliki target investasi yang meningkat di setiap tahunnya. Maka dari itu, Indonesia juga ditargetkan untuk melakukan berbagai gerakan yang inovatif...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggali peluang investasi di enam sektor prioritas dalam perhelatan Expo 2020 Dubai yang saat ini memasuki bulan ketiga pameran.

Keenam sektor prioritas tersebut mulai dari pariwisata, energi terbarukan, infrastruktur, manufaktur, dan pertambangan.

"Indonesia saat ini memiliki target investasi yang meningkat di setiap tahunnya. Maka dari itu, Indonesia juga ditargetkan untuk melakukan berbagai gerakan yang inovatif. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan enam sektor prioritas, termasuk energi terbarukan dan manufaktur yang menjadi peluang pasar di Timur Tengah," kata Deputi Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Nurul menuturkan saat ini Indonesia juga sedang menggencarkan baterai kendaraan listrik yang tahan lama dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung.

"Expo 2020 Dubai adalah kesempatan yang luar biasa untuk memperkenalkan inovasi-inovasi tersebut. Kesempatan ini juga sekaligus dapat menarik investor demi meningkatkan potensi investasi," katanya.

Pada 2022, Kementerian Investasi/BKPM menargetkan realisasi investasi dapat mencapai Rp1.200 triliun.

Target tersebut ditetapkan sebagai salah satu upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen sampai 6 persen tahun depan.

Maka dari itu, saat ini Kementerian Investasi/BKPM sedang gencar-gencarnya mendorong percepatan investasi pada enam sektor prioritas tersebut.

Kementerian Investasi/BKPM juga turut mengembangkan portal administratif One Single Submission (OSS) yang memfasilitasi perizinan usaha guna meningkatkan kompetensi dan daya saing.

OSS diciptakan untuk membantu pemilik bisnis dan UMKM agar lebih cepat mendapatkan legalitas usaha. Para pengusaha baik perusahaan dalam negeri hingga asing dapat mendapatkan izin usaha yang lebih mudah melalui sistem OSS tersebut.

Investor yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia juga turut diberi kemudahan untuk melakukan investasi.

Kegiatan Kementerian Investasi/BKPM di Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai dikemas melalui investment clinic, one-on-one meeting, forum bisnis, hingga berbagai konten digital yang memperkenalkan sistem perizinan dan keadaan ekonomi Indonesia yang lebih spesifik.

Hingga saat ini, terdapat 28 perusahaan internasional yang telah teregistrasi untuk mengikuti aneka kegiatan dari Kementerian Investasi/BKPM. Melalui kesempatan tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan investasi mengingat Indonesia memiliki berbagai potensi yang sangat luar biasa.

Berbagai kegiatan di minggu ke-10 Paviliun Indonesia saat ini lebih banyak disajikan melalui acara tematik berupa forum bisnis guna memberi informasi pada dunia sekaligus menarik investor.

Paviliun Indonesia yang kini telah dikunjungi oleh lebih dari 370.000 pengunjung memberi kesempatan yang luar biasa bagi Indonesia untuk terus memperkenalkan proyeksi dan potensi Indonesia ke mata dunia.
  Baca juga: Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai menarik ratusan ribu pengunjung

Baca juga: Kementerian PUPR tawarkan investasi infrastruktur di Dubai Expo 2020

Baca juga: Tarik investor, Kemenko Perekonomian adakan forum bisnis di Dubai Expo


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021