Ternate (ANTARA) - Gubernur Maluku Utara (Malut) KH Abdul Gani Kasuba menginformasikan bahwa Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa akan kembali ke Maluku Utara untuk meresmikan KRI Teluk Weda.

"Jenderal TNI Andika Perkasa akan hadir kembali di Malut untuk meresmikan KRI Teluk Weda dan kegiatan danlanal," kata Gubernur saat mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Ternate, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Malut yang menyebut bahwa baru kali ini Panglima Jenderal TNI Andika melakukan kunjungan kerja di wilayah Malut.

Baca juga: Panglima TNI pastikan personel yang terlibat aksi kekerasan dihukum

Oleh karena itu, Panglima TNI akan membangun lanal dan kodim di wilayah Malut untuk menjaga teritorial, melihat kesejahteraan babinsa di wilayah terluar, mendukung penyediaan alutsista, dan penanganan bencana oleh prajurit TNI.

Sementara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan pihaknya akan membantu pemerintah daerah dalam menangani berbagai musibah, seperti banjir dan prajurit TNI siap membantu.

Selain itu, di Malut akan dibangun pos koramil, penyediaan personel untuk satgas sebanyak 500 personel, 34 pos koramil lanud, lanal, penyebaran personel, dan babinsa.

Baca juga: Panglima TNI akan tinjau vaksinasi COVID-19 di Ambon
Baca juga: Panglima TNI: Oknum TNI terlibat bentrok dengan Polri diproses hukum


Dalam kunjungannya ke Malut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama istri Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati didampingi Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Syahril Taher, dan Forkopimda Maluku Utara dan Forkopimda Kota Ternate.

Kemudian, Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Bambang Ismawan, Panglima Angkatan Laut Armada III Sorong, Danlanud Maluku Utara, BIN, dan Polda Maluku Utara.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadirannya di Maluku Utara untuk membantu Gubernur Maluku Utara dan Wali Kota Ternate. "Intinya kita ingin menambah jumlah vaksinasi di Maluku Utara," katanya.

"Tadi yang hadir ikut vaksinasi pertama cukup banyakl. Ini kabar gembira sehingga dengan sendirinya akan menambah jumlah vaksinasi yang sudah divaksin, termasuk vaksin kedua. Bahkan pelajar banyak yang mengikuti vaksinasi," katanya.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021