Makassar (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dalam meluncurkan UnhasPay yang merupakan aplikasi transaksi digital perguruan tinggi (PT) pertama di Indonesia.

Peluncuran Platform UnhasPay bertema “UnhasPay Campus Financial Ecosystem” berlangsung secara luring terbatas dengan protokol kesehatan di Gedung BRI Micro Finance, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Jumat.

Regional CEO BRI Makassar Moh Fikri Satriawan, mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhas dan jajaran atas kepercayaannya kepada Bank BRI sebagai penyedia berbagai layanan perbankan guna mendukung kegiatan operasional maupun transaksi finansial bagi sivitas akademika Unhas.

"Sebagai bank BUMN, Bank BRI berperan untuk menjalankan tugas dan fungsi pokoknya dalam memberikan jasa perbankan untuk institusi, utamanya bagi sivitas akademika Unhas," katanya.

Baca juga: BRI selenggarakan EXPO(RT) BRILIANPRENEUR agar UMKM tembus global

"Hadirnya UnhasPay diharapkan dapat tercipta ekosistem digital menuju Cashless Society,” sambung Moh FIkri.

Sementara Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA., menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terwujudnya kerja sama Unhas dan Bank BRI untuk menghadirkan platform UnhasPay.

Ia menuturkan, UnhasPay merupakan platform digital payment pertama di perguruan tinggi di Indonesia. Melalui pengembangan digitalisasi ini diharapkan berdampak positif terhadap perubahan sosial di kalangan sivitas akademika Unhas.

"Diharapkan UnhasPay dapat pula berdampak terhadap perekonomian masyarakat, dengan memberikan kemudahan, kecerdasan, dan keterampilan melalui fitur marketplace bagi UMKM sebagai fasilitas pendampingan yang kami berikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Dwia menuturkan kerja sama yang dilakukan bersama Bank BRI adalah suatu hal yang saling menguntungkan banyak pihak. Yang paling utama adalah keuntungan bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi dalam bidang startup.

UnhasPay hadir dengan semangat humaniversity dalam memberikan kemudahan bagi sivitas akademika untuk bertransaksi.

Baca juga: BRI targetkan nilai bisnis BRILIANPRENEUR 2021 capai 65 juta dolar AS

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK Regional 6 Sulampua Moh Nurdin Subandi, mengatakan saat ini perkembangan digitalisasi terus berkembang pesat, utamanya dalam penggunaan internet banking sebagai upaya pemanfaatan digitalisasi.

Dengan demikian, OJK sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas hadirnya layanan aplikasi UnhasPay sebagai inovasi terkini yang diberikan terhadap pengembangan digitalisasi di Indonesia, khususnya dalam bidang perbankan.

"OJK telah menyiapkan master plan digitalisasi untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas layanan digital perbankan guna mendukung pertumbuhan ekonomi," urainya.

"OJK sangat mendukung adanya literasi keuangan sejak dini, sehingga UnhasPay yang dihadirkan ini sangat sejalan dengan upaya stabilitas kemajuan ekonomi masyarakat," lanjutnya.

Baca juga: Dirut BRI: UMKM berkontribusi perbaiki neraca pembayaran RI

Baca juga: BRI tekan "cost of fund" ke tingkat terendah sepanjang sejarah

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021