Yogyakarta Tuan Rumah Perkemahan Pemuda ASEAN

Yogyakarta Tuan Rumah Perkemahan Pemuda ASEAN

Jero Wacik. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Kota Yogyakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah gelaran perkemanah pemuda ASEAN (ASEAN Youth Camp) pada Oktober 2011, kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik

"Ada program yang sangat penting dalam ASEAN Summit 2011, yakni people to people contact. Untuk mewujudkan program itu diselenggarakan ASEAN Youth Camp dengan Yogyakarta yang dipilih sebagai tuan rumah acara tersebut," ujarnya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, program tersebut masuk dalam bidang kebudayaan dan pariwisata sehingga pihaknya akan menjadi penyelenggara.

Yogyakarta dipilih sebagai tuan rumah dengan berbagai pertimbangan, salah satunya citra kota tersebut sebagai kota pelajar dan kota pendidikan.

Pihaknya berupaya agar kegiatan ASEAN yang pada 2011 jumlahnya ratusan dapat disebar di berbagai kota di Indonesia, dan tidak hanya terpusat di Jakarta dan Bali.

"Nantinya di ASEAN Youth Camp akan ada interaksi antara pemuda-pemudi ASEAN, sehingga tumbuh rasa kebersamaan dan kekeluargaan," katanya.

Rencananya para delegasi akan tinggal di desa-desa wisata di seputar Yogyakarta.

Mereka akan membuat pertunjukan kesenian untuk dipentaskan secara bersama-sama.

"Dengan begitu, mereka akan merasa seperti bersaudara satu sama lain," katanya.

Pihaknya berharap seluruh pihak termasuk masyarakat Yogyakarta mendukung penuh kegiatan tersebut.

"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, karena ada banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan terutama dari sisi promosi pariwisata," katanya Jero Wacik.
(T.H016//M029)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Sejumlah napi koruptor sampaikan hak pilihnya di LP Sukamiskin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar