Semangat berwisata #DiIndonesiaAja terus kami kampanyekan untuk mendorong wisatawan nusantara termotivasi untuk memilih tujuan liburannya dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan kegiatan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2021 dapat mendorong kebangkitan pariwisata dalam negeri sehingga dapat menggerakkan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan sektor pariwisata yang terimbas pandemi COVID-19, baik dari segi pemulihan industri pariwisata maupun mendorong pergerakan wisatawan dengan fokus wisatawan nusantara.

"Semangat berwisata #DiIndonesiaAja terus kami kampanyekan untuk mendorong wisatawan nusantara termotivasi untuk memilih tujuan liburannya dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Indonesia," kata Menparekraf saat membuka GATF 2021 di Jakarta, Jumat, sebagaimana dalam keterangan pers.

Ia mengapresiasi penyelenggaraan ajang pameran perjalanan GATF 2021 yang dinilai akan mendukung pergerakan wisatawan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan melibatkan industri pariwisata seperti biro perjalanan wisata, perhotelan, dan pengelola destinasi.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dianggap menjadi kunci dalam penyelenggaraan wisata yang aman dan nyaman.

Saat ini, lanjutnya, pemerintah telah memutuskan untuk tidak memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Namun kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif tetap mengacu kepada aturan protokol kesehatan yang berbasis Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE), termasuk pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Indonesia adalah satu dari lima negara di dunia yang memenuhi level 1 dari World Health Organization (WHO). Ini berkat kerja keras kita, mari terus kita tingkatkan kemampuan kita untuk menggerakkan ekonomi sektor pariwisata dalam bingkai CHSE yang tahun depan sudah masuk dalam bentuk SNI (Standar Nasional Indonesia)," ujar dia.

GATF 2021 ini akan berlangsung di The Hall Mall Lantai 8 Senayan City pada 10-12 Desember 2021. Sedangkan gelaran secara online akan dilaksanakan pada 10-16 Desember 2021 melalui website www.gatf2021.com.

Adapun tema yang diusung ialah "The Biggest Travel Deal” dengan menawarkan berbagai program, seperti diskon tiket hingga 80 persen untuk penerbangan dari Jakarta ke 11 rute domestik. Juga diskon tiket untuk rute domestik lainnya hingga 45 persen dan diskon 18 persen untuk rute internasional.

Khusus bagi anggota GarudaMiles, yaitu redemption (pencairan atau penjualan kembali unit penyertaan) 50 persen untuk penghargaan (award) tiket penerbangan dan peningkatan (upgrade) level keanggotaan selama 6 hingga 12 bulan dan mendapatkan full redemption untuk mendapatkan kamar gratis sehingga bisa menginap di berbagai hotel pilihan.

Ada juga Promo Bundling GPS & Lounge Access yang berarti penumpang ekonomi Garuda Indonesia bisa memperoleh tambahan pelayanan untuk extra bagasi dengan harga khusus dan berbagai promo dan penawaran menarik lainnya.

Baca juga: Garuda Indonesia target Rp2,3 miliar dalam GATF
Baca juga: Tiket pesawat domestik dijual di bawah Rp1 jutaan di GATF
Baca juga: Berburu koper murah Rp300 ribuan di Garuda Indonesia Travel Fair

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021