Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) menyalurkan bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak awan panas Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (04/12) pekan lalu.

"Kami turut prihatin atas musibah bencana alam awan panas Gunung Semeru yang menimpa warga masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi bencana. Bantuan kami salurkan kepada warga masyarakat yang terpaksa harus mengungsi karena bencana alam ini, dengan harapan dapat meringankan beban warga terdampak bencana," kata Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (AP I) Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Handy mengatakan, melalui Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya, Manajemen Angkasa Pura I beserta anak perusahaan dan serikat pegawai menyalurkan bantuan berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari kepada warga masyarakat yang bernilai keseluruhan sebesar Rp66.705.500 tersebut disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang pada Kamis (09/12) siang.

"Bantuan ini juga merupakan bentuk kepedulian kami selaku Perusahaan BUMN yang wajib untuk selalu hadir bagi masyarakat. Selain dari anggaran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, bantuan ini juga berasal dari donasi anak perusahaan, serta dari insan karyawan dan karyawati Angkasa Pura I yang terketuk hatinya untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan uluran bantuan," ujarnya.

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan adalah berupa barang kebutuhan sehari-hari, yaitu keperluan bayi dan balita (popok dan minyak telon), kebutuhan wanita, peralatan tidur, peralatan mandi, air mineral siap minum, masker, dan perlengkapan ibadah.

Handy mengungkapkan bantuan yang disalurkan AP I melalui Manajemen Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya tersebut tiba di GOR Wira Bhakti Kabupaten Lumajang, serta diserahkan langsung kepada BPBD Kabupaten Lumajang pada Kamis (09/12) siang, serta langsung disalurkan kepada warga masyarakat terdampak bencana yang mengungsi.

"Secara khusus, kami juga turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada insan karyawan dan karyawati, Asosiasi Karyawan AP I, dan Serikat Pekerja AP I Bandara Juanda atas donasi dan partisipasi aktif dalam aksi kemanusiaan ini," katanya.

Adapun rincian dana bantuan tersebut adalah berasal dari dana Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sektor bencana alam senilai Rp25 juta, donasi dari Asosiasi Karyawan AP I (AKA) senilai Rp10,4 juta, donasi Serikat Pekerja AP I (SP I) senilai Rp12,4 juta, donasi anak perusahaan senilai Rp7,4 juta, serta donasi dari karyawan/karyawati PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda Surabaya senilai Rp11,5 juta.

Baca juga: AP I perketat kedatangan internasional untuk antisipasi Varian Omicron
Baca juga: AP I catat kenaikan trafik penumpang 16,7 persen pada November 2021
Baca juga: AP I ungkap strategi hadapi krisis akibat pandemi

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021