Jakarta (ANTARA) - Rusia meluncurkan seragam tim nasional untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 yang didesain tanpa bendera dengan menyisakan logo Olimpiade dan Komite Olimpiade Rusia untuk mematuhi sanksi doping.

Zasprot, pemasok pakaian resmi tim Olimpiade Rusia, meluncurkan seragam merah, putih, biru dan abu-abu dengan logo Komite Olimpiade Rusia -- tiga api dalam warna bendera nasional dengan cincin Olimpiade di bawahnya -- bukan bendera negara .

Dikutip dari Reuters, Sabtu, atlet Rusia dilarang berkompetisi di acara-acara internasional besar, termasuk Olimpiade, di bawah bendera nasional dan lagu kebangsaan mereka hingga Desember 2022.

Baca juga: Rusia dilarang tampil dalam Olimpiade dan kejuaraan dunia

Sanksi, diberlakukan oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang kemudian dikurangi menjadi dua tahun di tingkat banding, dilakukan untuk menghukum Moskow karena memberikan data laboratorium yang dipalsukan kepada otoritas anti-doping internasional yang dapat membantu mengidentifikasi kecurangan penggunaan obat-obatan.

Di Olimpiade Beijing, yang berlangsung dari 4-20 Februari, Rusia akan bersaing sebagai perwakilan dari Komite Olimpiade Rusia di bawah akronim "ROC," seperti yang mereka lakukan di Olimpiade Musim Panas Tokyo tahun ini.

Baca juga: Rusia sampaikan banding atas larangan kompetisi akibat kasus doping
Baca juga: IOC hormati keputusan diplomatik AS terhadap Olimpiade Beijing

Sebagai bagian dari sanksi, alih-alih lagu kebangsaan Rusia, musik dari komposer Pyotr Ilyich Tchaikovsky akan diputar saat pemenang medali emas berada di podium.

Rusia juga dicabut benderanya di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Korea Selatan sebagai hukuman atas doping yang disponsori negara di Olimpiade Sochi 2014. Banyak orang Rusia juga dilarang mengikuti Olimpiade Rio 2016.

Rusia telah mengakui beberapa kekurangan dalam penerapan aturan anti-doping tetapi menyangkal menjalankan program doping yang disponsori negara.

Baca juga: Inggris dan Kanada gabung dengan boikot diplomatik Olimpiade Beijing

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021