Minahasa Tenggara (ANTARA) - Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang telah berstatus zona hijau untuk penyebaran COVID-19.

"Berdasarkan rilis dari Kementerian Kesehatan, daerah kami masuk zona hijau," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara David Lalandos di Ratahan, Sabtu.

Dia mengungkapkan capaian tersebut merupakan komitmen dari Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Legi yang terus memberikan memotivasi para jajaran untuk bekerja keras di tengah pandemi.

“Ini merupakan komitmen dari kepala daerah dalam menjamin keselamatan warga Kabupaten Minahasa Tenggara dari ancaman COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: 5.000 anak di Minahasa Tenggara sudah divaksin COVID-19

Baca juga: Kabupaten Minahasa Tenggara-Sulut ditetapkan zona merah COVID-19


Menurutnya, meski sering mendapatkan kritikan terkait penanganan COVID-19, namun seluruh jajaran terus bekerja maksimal dan dibantu oleh pihak TNI dan Polri.

Bahkan menurut David, ketika Bupati James Sumendap berbicara dalam rapat kerja daerah bidang kesehatan yang diikuti Menteri, sempat mengungkapkan kalimat 'dengan berdarah-darah', dalam menggambarkan situasi penanganan COVID-19.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mengatakan untuk menentukan peta risiko mempertimbangkan beberapa indikator.

Ada tiga indikator, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan yang dijadikan acuan sehingga Kabupaten Minahasa Tenggara dijadikan zona hijau.

"Tapi, bukan berarti sudah tak ada kasus warga yang nantinya terpapar COVID-19,” katanya.

Demikian juga untuk level PPKM yang menjadi indikator yaitu pelaksanaan vaksinasi sehingga pihaknya akan terus berupaya memaksimalkan vaksinasi COVID-19.

"Pelaksanaan vaksinasi akan terus menjadi fokus kami kepada masyarakat, karena masih ada masyarakat yang belum divaksinasi, atau belum mendapatkan vaksin dosis kedua," ujarnya.*

Baca juga: Penerima bantuan sosial di Minahasa Tenggara wajib di vaksin

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Minahasa Tenggara bertambah tiga orang

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021