Jakarta (ANTARA) - Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Taruna Merah Putih (TMP) Restu Hapsari mengimbau generasi milenial Indonesia untuk menjadi bagian penting dari para pengawal demokrasi melalui berbagai konten media yang berisi nasionalis, ideologis, dan mengandung nilai kebudayaan.

“Anak muda milenial harus menjadi bagian penting para pengawal demokrasi melalui berbagai konten media terkait isu-isu ideologis, kebudayaan, dan nasionalisme kebangsaan,” ujar Restu Hapsari berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi mentor dalam kegiatan Pelatihan Menulis dan Fotografi Jurnalistik Angkatan III yang diselenggarakan secara daring oleh DPP TMP bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) TMP Sulawesi Selatan, Sabtu.

Baca juga: Kelompok Milenial: Tepat Kapolri lantik eks pegawai KPK jadi ASN Polri

Pelatihan yang melibatkan para peserta dari perwakilan 22 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) TMP Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan itu, kata Restu, merupakan bentuk perhatian DPP TMP kepada generasi milenial agar mereka senantiasa mengawal demokrasi melalui pilar keempat demokrasi, yaitu pers atau media ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, dengan mendapatkan pelatihan, generasi milenial akan mampu menyebarkan lebih banyak gagasan positif di media ataupun media sosial untuk mencegah radikalisme, terorisme, gerakan anti-Pancasila, dan ancaman hoaks yang merusak demokrasi Indonesia.

Selain Restu, kegiatan pelatihan juga dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan Ridwan Andi Wittiri dan beberapa mentor peserta yang lain, yaitu Ketua DPP TMP Bidang Olahraga Richard Sam Bera, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Selatan Rudy P. Goni, dan Ketua DPD TMP Provinsi Sulawesi Selatan Irham Syah Gaffar.

Baca juga: Ketua DPD RI dorong milenial kuasai ekonomi digital
Baca juga: Menhub ajak milenial jadi pelopor gerakan selamat berlalu lintas


Ada pula Pemimpin Umum Portal Media Genial Yayan Sopyani, Ketua DPP TMP Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Maya Sofia, dan Ketua DPD TMP Provinsi DKI Jakarta Rolas Sitinjak.

Saat membuka pelatihan, Ridwan Andi Wittiri berharap para kader TMP yang mengikuti pelatihan dapat berkontribusi mewartakan kinerja dan program partai kepada masyarakat Indonesia. Mereka pun diharapkan mampu berperan aktif mengembangkan demokrasi dan peradaban bangsa Indonesia.

Di samping itu, ia menilai pelatihan tersebut menjadi momentum untuk membangun kekuatan partai sehingga dapat memenangkan Pemilu 2024.

“Momentum ini adalah upaya membangun kekuatan partai yang lebih terstruktur oleh organisasi sayap PDIP dan dapat menjadi pelaku pemenangan Pemilu 2024," ujar Ridwan Andi Wittiri.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021