Jakarta (ANTARA) - Manchester City membutuhkan hadiah tendangan penalti untuk mengatasi Wolverhampton 1-0, kendati tamunya itu harus menuntaskan permainan hanya dengan sepuluh pemain, dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu.

Kendati tampil dominan sejak sepak mula, City mengalami masalah serupa Liverpool sepekan yang lalu, yakni kesulitan menemukan celah di lini belakang Wolverhampton karena solidnya kerja pertahanan tim besutan Bruno Lage tersebut.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum setelah beberapa menit sebelumnya terjadi insiden pengusiran penyerang Wolverhampton Raul Jimenez oleh wasit Jonathan Moss.

Baca juga: Guardiola akui Wolverhampton stabil tapi ingin lanjutkan tren City

Jimenez awalnya menjatuhkan Rodri Hernandez dan diganjar kartu kuning oleh Moss, lantas ketika para pemain City tengah bersiap melakukan tendangan bebas penyerang asal Meksiko itu enggan memberi kesempatan.

Tindakan itu dianggap Moss cukup pantas untuk memberikan kartu kuning kedua kepada Jimenez dan Ruben Neves yang memprotes keputusan tersebut juga diganjar kartu kuning.

Menjalani babak kedua dalam situasi timpang, City kian leluasa mencengkeram pertandingan dan nyaris membuka keunggulan pada menit ke-55 bila saja kapten Wolverhampton Conor Coady tak melakukan sapuan krusial atas bola sundulan Ilkay Gundogan yang sudah memperdaya kiper Jose Sa.

Lantas pada menit ke-63, tuan rumah mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Moss menilai Joao Moutinho melakukan pelanggaran handball kala menghalau bola umpan silang Bernardo Silva yang lebih dulu mengenai ketiak sebelum memantul terkena tangannya.

Baca juga: Brentford bangkit bekuk Watford berkat dua gol larut

Setelah peninjauan berlarut-larut bersama VAR nyaris tiga menit kemudian tendangan penalti akhirnya dieksekusi oleh Raheem Sterling yang sukses menaklukkan Sa untuk membuka keunggulan City pada menit ke-66.

Selain membawa City memimpin, gol itu membuat Sterling masuk klub eksklusif sebagai pemain ke-32 yang membukukan 100 gol di Liga Premier Inggris.

City memiliki banyak kesempatan untuk menambah keunggulan mereka, tetapi Sa membukukan sedikitnya tiga penyelamatan gemilang atas sepakan Silva, Gabriel Jesus dan Olexandr Zinchenko.

Pun demikian aksi-aksi gemilang Sa tak cukup untuk menggagalkan kemenangan 1-0 yang dibukukan City atas Wolves ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Alexander-Arnold pemain terbaik November, City raih dua penghargaan

Kemenangan memantapkan posisi City di puncak klasemen dengan koleksi 38 poin, unggul empat poin atas Liverpool yang baru main di laga lebih larut.

Sedangkan Wolverhampton, yang sudah empat laga terakhir tak merasakan kemenangan, tertahan di urutan kedelapan klasemen dengan 21 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

City selanjutnya akan menjamu Leeds United di Etihad pada Selasa (14/12) dan sehari kemudian Wolverhampton bertandang ke Stadion Amex menghadapi Brighton & Hove Albion.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021