Kami akan terus mendukung berbagai inisiasi positif dari Garuda Indonesia dan BNI dalam mendorong pemulihan pariwisata nasional. Tentunya hal ini akan membantu pemulihan sektor pariwisata dan penyerapan tenaga kerjanya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi dan mendukung kolaborasi strategis BUMN seperti BNI dan Garuda Indonesia dalam menyelenggarakan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) Hybrid 2021.

Ia menyakini kegiatan yang melibatkan pelaku industri pariwisata Tanah Air ini akan mendorong penyerapan tenaga kerja sekaligus mendukung pemulihan sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi.

"Kami akan terus mendukung berbagai inisiasi positif dari Garuda Indonesia dan BNI dalam mendorong pemulihan pariwisata nasional. Tentunya hal ini akan membantu pemulihan sektor pariwisata dan penyerapan tenaga kerjanya," kata Sandiaga dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan pameran perjalanan wisata, yang khususnya mempromosikan perjalanan leisure lokal, dapat kembali menggerakkan kinerja pelaku ekonomi wisata dan perekonomian lokal.

Lebih lanjut, Sandiaga menuturkan Indonesia juga merupakan salah satu dari lima negara besar yang mempunyai level keamanan pandemi dengan pengakuan baik atau level 1 dari World Health Organization (WHO).

Saat ini, para pelaku pariwisata lokal juga selalu meningkatkan pelayanannya dan telah mendapat sertifikasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environmental Sustainability).

"Kami harap ini menjadi sebuah kepercayaan bagi masyarakat untuk semakin meningkatkan mobilitas wisatanya. Namun tentunya harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan pada seluruh aspek operasional kepariwisataan," katanya.

Untuk itu, Sandiaga secara khusus mengharapkan BNI dapat semakin giat dengan berbagai program inovatif produk konsumer untuk mendorong konsumsi masyarakat dalam industri pariwisata.

Dalam kesempatan serupa, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan rangkaian GATF merupakan langkah proaktif BNI bersama Garuda untuk mendorong kepercayaan masyarakat yang telah meningkat cukup baik akhir tahun ini.

"Kami harap dengan sinergi ini, industri pariwisata ini dapat kembali bangkit, sehingga ekonomi nasional juga dapat kembali bergeliat secara nasional," katanya.

Adi Sulistyowati menuturkan kondisi pariwisata saat ini sudah jauh lebih baik dari kondisi sebelum pandemi karena telah banyak inisiatif untuk peningkatan kualitas pelayanan dan kebersihan yang dilakukan kepada pengunjung.

"Untuk mendorong animo tersebut, kami dalam rangkaian GATF 2021 ini menghadirkan banyak promo, cashback, asuransi perjalanan, pertukaran poin miles, sehingga kami harap dapat mendukung pemulihan industri pariwisata nasional ini," katanya.

Baca juga: Dukung sektor pariwisata, BNI optimalkan "Weekend Banking" untuk GATF

Baca juga: Menparekraf resmi buka Garuda Indonesia Travel Fair 2021

Baca juga: Garuda Travel Fair kembali hadir dengan diskon hingga 80 persen

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021