Mataram (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) H Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) dan seri MiniGP setelah sukses menggelar event balap motor internasional.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Minggu, Bamsoet meminta Wakil Ketua Umum International dan Event IMI Pusat Happy Harinto bersama IMI NTB, untuk mempersiapkan Motocross Grand Prix (MXGP) dan seri MiniGP dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.

Hal itu ditegaskan Bamsoet saat bertemu Happy Harinto dan Ketua IMI NTB M Nur Haedin, di Black Stone Jakarta Pusat (kantor Bamsoet).

Haedin yang akrab disapa Edo mengatakan, pihaknya bertemu Bamsoet untuk menindaklanjuti pertemuan IMI NTB, dengan Gubernur NTB H Zulkieflimansyah.

"Gubernur telah menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi NTB siap menjadi tuan rumah event bergengsi tingkat dunia tersebut," katanya.

Ia mengatakan Bamsoet sendiri mengutarakan telah dihubungi Gubernur NTB dan siap mendukung NTB menjadi tuan rumah. Pasalnya NTB telah menunjukkan ke forum internasional dengan suksesnya penyelenggaraan Idemitse Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada November 2021.

Selain itu, NTB sedang bersiap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Motor Grand Prix (MotoGP) pada Maret 2022.

Happy Harinto, kata Edo, juga telah menjelaskan ke Ketua MPR RI terkait rencana MiniGP dan MXGP di NTB.

Penjelasan yang disampaikan berupa informasi peluang besar 2 seri MXGP digelar di Indonesia, salah satunya di NTB.

"Hal itu sudah dikomunikasikan dengan pihak promotor MXGP, dan perlunya dilakukan feasibility lokasi di NTB dan sejumlah kesiapan penting sehingga bisa memenuhi syarat aturan FIM dan promotor MXGP," ujarnya.

Edo menambahkan Happy telah dihubungi langsung pemilik INFRONT (Promotor dunia MXGP yang berpusat di Monaco), setuju NTB jadi tuan rumah MXGP dunia pada 2022.

"Semoga ini bisa terujud, tentunya dukungan semua pihak sangat menentukan," ucap Edo.

Baca juga: Ketua Umum IMI resmikan Sirkuit Nasional Zabak Jambi
Baca juga: Usai kecelakaan Bamsoet ikuti kejuaran "drifting"
Baca juga: IMI siap dukung pemilihan Presiden FIA Regional II Asia Pasifik

Pewarta: Awaludin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021