Saya berharap keberadaan 'foodtruck' dan posko bencana PLN mampu meringankan beban para pengungsi Gunung Semeru
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi keberadaan foodtruck PT PLN (Persero) yang membantu memenuhi kebutuhan pangan pengungsi warga terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saya berharap keberadaan foodtruck dan posko bencana PLN mampu meringankan beban para pengungsi Gunung Semeru," kata Erick saat berkunjung ke Kabupaten Lumajang, Minggu.

Erick juga menyempatkan diri menyapa chef atau juru masak yang bertugas menyediakan makanan siap saji bagi masyarakat sekitar dan ikut mencoba memasak di dalam "foodtruck" tersebut.

Baca juga: Menteri BUMN sebut anak korban terdampak bencana Semeru dapat beasiswa

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menjelaskan gerak cepat PLN pascaerupsi Gunung Semeru tak hanya dalam pemulihan kelistrikan saja.

"PLN memberikan bantuan dapur umum melalui dua unit foodtruck yang memproduksi total 2.500 porsi makanan per hari untuk memenuhi kebutuhan makan pengungsi dan relawan di Desa Candipuro dan Desa Penanggal (relokasi dari Desa Supiturang)," tuturnya.

Menurutnya, kebutuhan makanan siap saji adalah hal pokok yang pasti diperlukan oleh pengungsi karena saat terjadi bencana tidak semua orang dapat memasak sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia butuh 17,5 juta ahli digital sampai tahun 2035

PLN juga memberikan bantuan logistik dan uang tunai kepada masyarakat langsung maupun melalui Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan total bantuan senilai Rp1,2 miliar.

"Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban saudara kita yang terdampak musibah bencana Gunung Semeru," katanya.

Hingga Jumat (10/12) sebanyak 112 trafo PLN yang terdampak erupsi sudah kembali pulih dan sebanyak 29.908 pelanggan yang terdampak sehingga tak teraliri listrik juga sudah pulih.

Baca juga: Baznas salurkan bantuan Rp1 miliar untuk korban bencana Semeru

Tersisa 615 pelanggan yang belum menyala karena berada pada zona belum aman, rumah-rumah rusak dan penghuninya masih di lokasi pengungsian.

PLN bergegas memulihkan kelistrikan di wilayah terdampak awan panas guguran Gunung Semeru dan hingga Jumat (10/12), 100 persen sistem kelistrikan di wilayah Lumajang telah pulih.

Baca juga: Pemkot Probolinggo salurkan bantuan untuk korban bencana Semeru

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021