Jakarta (ANTARA) - PT OBAT Inovasi Indonesia melalui platform OBAT Apps bekerja sama dengan Institusi Pendidikan Farmasi turut mengakselerasi transformasi kampus digital dengan mengakomodasi kebutuhan kampus, seperti penyesuaian bahan ajar, standar kompetensi hingga pemenuhan akreditasi.

"Problem di Farmasi ini memang banyak, baik dari jenjang maupun program yang saling beririsan. ​​​​​Dengan adanya kerjasama antara kampus D3 Farmasi dengan OBAT Apps bisa mengakselerasi program pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Serta tidak hanya terpaku pada SDM saja, melainkan akselerasi sistem dari hulu hingga hilir," kata Saiful Robbani, CMO PT. OBAT Inovasi dalam keterangannya pada Senin.

Setidaknya sudah ada 89.000 mahasiswa farmasi yang difasilitasi OBAT Apps. Pada 6-8 Desember 2021 di Hotel Royal Malioboro, Yogyakarta, OBAT Apps menggelar diskusi yang dihadiri oleh 15 Kampus D3 Farmasi juga beberapa perwakilan pengurus Asosiasi Perguruan D3 Farmasi Indonesia (APDFI), seperti apt. Yugo Susanto, M. Farm (Senat ISFI Banjarmasin), Leonov Rianto, M.Farm (Sekjen APDFI), apt. Andri Priyoherianto, S. Farm., M.Si., (Direktur Akfar Mitra Sehat Sidoarjo), apt. Andi Wijaya, S.Far., M.Farm (Direktur Akademi Farmasi Indonesia, Yogyakarta), dan apt. Supomo (Direktur STIK Samarinda).

Terdapat tiga program utama yang disepakati dalam rangkaian acara tersebut, yaitu pengembangan kapasitas SDM baik dosen maupun mahasiswa, hibah penelitian, serta pertukaran pelajar.

Ketiga program tersebut merupakan garis besar kebutuhan kampus D3 Farmasi yang mendesak dan bisa segera dikerjakan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk tetap mengakomodasi program unggulan kampus yang telah bermitra.

Menurut Andri Priyoherianto yang merupakan PIC APDFI sekaligus Direktur Akfar Mitra Sehat Sidoarjo, kerjasama tersebut merupakan solusi dalam pengembangan kampus pada saat ini.

"Selain inovatif, gagasan kerjasama tersebut penuh ide segar, terlebih dengan adanya program pertukaran mahasiswa antar kampus yang dapat mengasah skill akademis dan sosial mahasiswa D3 Farmasi. OBAT Apps sebagai fasilitator sudah menyiapkan jejaring, stakeholder dan lain-lain yang saya rasa dua hal tersebut bisa dikolaborasikan dengan baik," kata dia.

Baca juga: OBAT Apps solusi digitalisasi kampus farmasi

Baca juga: Dukung kemajuan kefarmasian, APDFI gandeng OBAT apps

Baca juga: Gandeng OBAT Apps, mahasiswa Akfar Mitseda juara internasional

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021