Kalau dia baru divaksin satu kali, nanti kami vaksin. Saya sudah siapkan 6.000 dosis dari Polri
Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas menyiapkan 6.000 dosis vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada pemudik yang datang ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada masa liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Pos-pos yang berada di ujung seperti Ajibarang dan Wangon, kami minta tidak seperti dulu yang berupa pos pengamanan, tapi pos pelayanan. Nanti ada TNI/Polri, pemerintah daerah, sampai bengkel," kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi M Firman L Hakim di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Baca juga: Bupati: Kasus COVID-19 di Banyumas menurun signifikan

Ia mengatakan pos-pos pelayanan tersebut akan memberikan berbagai layanan bagi pemudik termasuk melakukan tes antigen secara acak guna mencegah penyebaran COVID-19.

Selain itu, ia mengharapkan warga yang datang ke Banyumas dapat berkata jujur terkait dengan kondisi kesehatannya termasuk riwayat vaksinasinya.

Baca juga: BIN Jateng gelar vaksinasi bagi pelajar di Cilongok Banyumas

"Kalau dia baru divaksin satu kali, nanti kami vaksin. Saya sudah siapkan 6.000 dosis dari Polri, dari TNI juga siapkan vaksin, pemerintah daerah juga siapkan vaksin. Kami tidak pilih kasih, yang penting warga kita jujur," katanya.

Ia mengakui pelaksanaan vaksinasi bagi pemudik tersebut akan merepotkan petugas di lapangan, namun yang terpenting adalah kekebalan komunal dapat terjaga.

Baca juga: BIN Daerah Jateng kembali gelar vaksinasi bagi pelajar di Banyumas

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya belum bisa memastikan jumlah pos pelayanan yang melayani pemudik termasuk kapan kegiatan tersebut akan mulai dilaksanakan.

"Nanti setelah pelaksanaan pilkades (pemilihan kepala desa) serentak, mulai persiapan. Kami ingin bagaimana kota kita tetap sehat," katanya.

Terkait dengan pelaksanaan pilkades serentak di 27 desa pada tanggal 15 Desember 2021, Kapolresta mengatakan, pihaknya juga menyiapkan gerai-gerai vaksinasi yang siap melayani warga setelah pencoblosan. 

Baca juga: Bupati: Cakupan vaksinasi COVID-19 di Banyumas capai 42,6 persen

Baca juga: Alumni Akabri 98 gelar vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Banyumas

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021