Padang (ANTARA) - Bank Nagari memberikan bantuan berupa 150 kilogram rendang yang dikirimkan melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk warga korban letusan Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur.

Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Muhamad Irsyad di Padang, Senin, mengatakan penyerahan 150 kilogram rendang kepada masyarakat korban letusan Gunung Semeru merupakan bentuk kepedulian Bank Nagari terhadap saudara yang terkena dampak bencana tersebut.

"Mudah-mudahan bantuan rendang ini bisa membantu dan meringankan beban para korban Gunung Semeru dan bisa kembali semangat melanjutkan kehidupan mereka," ucapnya.

Bantuan tersebut diserahkan Dirut Bank Nagari kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Mulyadi di Kantor Pusat Bank Nagari.

Baca juga: Dinsos Bangka buka posko bantuan peduli Semeru

Baca juga: Pertamina Grup salurkan bantuan untuk korban letusan Semeru


Ia mengatakan, hal serupa juga pernah dilakukan oleh Bank Nagari pada saat terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengirimkan 200 kilogram rendang untuk masyarakat yang menjadi korban.

Kemudian Bank Nagari juga mengirim 100 kilogram rendang untuk membantu perantau Minang dan warga lainnya yang menjadi korban gempa di Mamuju.

Sementara Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Bank Nagari terhadap para korban bencana erupsi Semeru di Lumajang.

Ia mengatakan, korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru per Sabtu ,11 Desember 2021, mencapai 46 jiwa.

Tim pencarian dan pertolongan di bawah koordinasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) fokus di tiga sektor.

Sementara pendataan warga yang mengungsi pada hari tersebut berjumlah 9.118 jiwa. Proses pendataan penyintas masih terus dimutakhirkan setiap harinya. Dari angka tersebut, jumlah penyintas laki-laki 4.435 jiwa dan perempuan 4.683 jiwa.

Saat ini BNPB yang dibantu para relawan membantu untuk penguatan pendataan di lapangan sehingga data terpilah, khususnya kelompok rentan, dapat terdata dengan lebih baik.*

Baca juga: Kemenparekraf salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru

Baca juga: Khidmat MER-C bersama anak bangsa di Gunung Semeru

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021