Jakarta (ANTARA) - Pendapatan box office China pada 2021 hingga saat ini telah melampaui 45 miliar yuan atau setara Rp101,2 triliun (1 yuan = Rp2.249) sehingga memimpin pasar box office global.

Dengan waktu kurang dari tiga pekan hingga akhir 2021, tahun ini kemungkinan besar China akan mempertahankan posisinya sebagai pasar box office terbesar di dunia selama dua tahun berturut-turut.

Delapan dari 10 kontributor teratas tahun ini di box office China merupakan film produksi dalam negeri, demikian keterangan platform pelacak box office Maoyan.

Film yang memuncaki tangga tahunan adalah film blockbuster patriotik China "The Battle at Lake Changjin" yang telah mengantongi sekitar 5,76 miliar yuan atau setara Rp12,95 triliun sejak 30 September.

Epos perang itu kini menjadi judul terlaris sepanjang masa di box office China, sekaligus menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun ini secara global, jelas data dari platform Maoyan dan Box Office Mojo.

Film komedi dalam negeri China "Hi, Mom" dan "Detective Chinatown 3", yang dirilis selama liburan Tahun Baru Imlek, masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga di tangga box office 2021.

Sementara dua film asing yang berhasil masuk 10 besar adalah film produksi Amerika Serikat "F9: The Fast Saga" dan "Godzilla vs. Kong", masing-masing menempati peringkat kelima dan kedelapan.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2021