Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) perlu menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan bisnis mereka, seperti dengan memanfaatkan platform digital.

"Kita perlu berkolaborasi dengan (platform digital) yang sudah hadir, serta kita manfaatkan produk anak-anak bangsa," kata Menparekraf Sandiaga Uno pada Malam Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di  Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers, Senin.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno membahas kiat-kiat sukses mengembangkan bisnis di masa pandemi COVID-19 bersama pendiri MS Glow Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari.

Lebih lanjut, dikatakan, pemerintah ikut berpartisipasi dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan bisnis para pelaku ekraf melalui pemanfaatan platform digital sehingga lapangan kerja semakin terbuka lebar.

"Kita bekerja sama (dengan platform digital) dan kita pastikan kepentingan dan keberpihakan kepada para UMKM lokal yang mendorong produk-produk buatan anak bangsa karena UMKM dan ekonomi kreatif adalah pencipta 20 juta lapangan kerja," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga: Rata-rata UMKM peserta Program AKI 2021 raih kenaikan omzet

Selaku Co-owner MS Glow, Gilang Widya Pramana mengatakan pelaku ekraf perlu menjadi pionir dalam menjalankan bisnis.

Sejak tahun 2013 pihaknya disebut telah melakukan penjualan secara online, bahkan sebelum terdapat pasar daring. Kemudian MS Glow juga menggunakan jaringan penjual (seller) hingga saat ini telah mencapai 90 ribu penjual.

Adapun Shandy Purnamasari menambahkan bahwa para pelaku ekraf harus memasarkan produk-produk yang telah teruji dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Supaya kita tahu review-nya, supaya kita bisa dapat banyak insight. Jadi kalaupun kita tidak bisa jadi yang pertama, kita bisa jadi yang berbeda dan memberikan value terhadap produk kita," ungkap Shandy.

Pada acara tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno memberikan penghargaan terhadap sejumlah pelaku ekraf yang menjadi pemenang dalam AKI 2021.

Baca juga: Menparekraf beri tiga kunci agar produk tembus pasar dunia

Adapun para pemenang tersebut adalah:

Booth Favorit

1. Educa Studio
2. Littlemonq
3. Bagoster

Ide Film Terpilih

1. Aceh Documentary
2. Borneocreative​​​​​​​
3. Studio Amarana​​​​​​​

Konten Video Reels

1. KINE CLUB UMS - Juantito Agung Prasetyo​​​​​​​
2. Musi Kreatif Indonesia - Rifqi Mardhani​​​​​​​
3. Aniwayang Studio - Chandra Isyanto.

Baca juga: Sandiaga harap AKI edisi Lampung jadi momentum kebangkitan parekraf

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021