Jakarta (ANTARA News) -Pimpinan MPR pada Kamis di Jakarta menyambangi kediaman dua mantan Wakil Presiden RI, yaitu Try Sutrisno dan Hamzah Haz dalam rangka menyampaikan undangan untuk menghadiri Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni.

Rombongan MPR dipimpin Ketua MPR Taufiq Kiemas dan diikuti Wakil Ketua MPR RI, Melani Leimena Suharli dan Hajriyanto Y Thohari serta Ahmad Farhan Hamid.

Rombongan terlebih dahulu mendatangi kediaman mantan Wakil Presiden Hamzah Haz di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Taufiq Kiemas dalam keterangan pers usai pertemuan itu mengatakan bahwa undangan MPR RI diterima dengan baik oleh Hamzah Haz. "Beliau bersedia hadir sekaligus bersedia menyampaikan pidato terkait dengan Pancasila. Kami sangat berterima kasih kepada beliau yang sangat antusias menyambut undangan ini," ujar Taufiq.

Taufiq menambahkan bahwa kedatangan mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan mantan wakil presiden lainnya serta mantan presiden sangat ditunggu. "Betapa indahnya `kan, kalau mereka kumpul dan bersatu. Negara ini memang masih butuh pemikiran dan saran-saran mereka soal bangsa ini," kata Taufiq.

Pada kesempatan itu, Hamzah Haz memuji para Pimpinan MPR RI saat ini yang dengan gigih sesuai dengan amanat UUD NRI 1945 melakukan sosialisasi Pancasila dan UUD NRI 1945 kepada masyarakat.

"Pancasila sangat perlu untuk bangsa ini sebagai falsafah bangsa dan juga sebagai visi dan misi bangsa kita. Pancasila sudah tidak diragukan lagi sebagai falsafah bangsa. Pancasila yang membedakan kita dengan bangsa lain dalam artian positif. Malah saya usulkan 4 pilar berbangsa (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) harus ditambah satu lagi yaitu pilar moral biar lebih mantap," ujar Hamzah Haz.(*)

(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011