Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN perlu memastikan semua negara anggota mendapat manfaat dari kepemimpinan Indonesia pada 2023
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyatakan kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun 2023 mendatang memegang peran penting dalam memperjuangkan Kawasan ASEAN untuk pulih bersama dan lebih kuat pascapandemi.

“Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN perlu memastikan semua negara anggota mendapat manfaat dari kepemimpinan Indonesia pada 2023,” katanya di Jakarta, Selasa.

Indonesia akan memegang kepemimpinan pada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada 2023 yang merupakan kali keempat setelah sebelumnya diemban pada 1967, 2003 dan 2011.

Suahasil menegaskan momentum tersebut perlu dimanfaatkan untuk menyusun agenda strategis pemulihan 2023 sebagai kelanjutan dari isu 2022 dengan peningkatan konektivitas wilayah, value chain dan daya saing kelompok.

ASEAN sendiri memiliki visi bersama yang tertuang dalam ASEAN Community Vision 2025 yaitu meliputi perekonomian yang terintegrasi tinggi dan cohesive serta ASEAN yang kompetitif, inovatif dan dinamis.

Kemudian konektivitas serta kerja sama antar sektor yang semakin kuat, ASEAN yang tangguh, inklusif, berorientasi masyarakat dan berpusat pada masyarakat serta ASEAN yang global.

Visi ini juga merupakan bentuk regionalisme atau integrasi kawasan yang melihat negara-negara anggota ASEAN sebagai satu kesatuan.

Upaya mewujudkan konsep regionalisme di Kawasan ASEAN tersebut membutuhkan reformasi untuk mempercepat produktivitas dan daya saing.

Suahasil menekankan kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada 2023 harus meneruskan pembahasan agenda-agenda tradisional di ASEAN.

Selain itu, Indonesia juga perlu mengembangkan inisiatif strategis baik jangka pendek, menengah maupun panjang untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi negara anggota ASEAN.

Baca juga: Retno Marsudi tekankan kemitraan ASEAN, G7 atasi tantangan global
Baca juga: Indonesia akan gelar Forum Infrastruktur Indo-Pasifik pada 2023
Baca juga: Forum China-ASEAN soroti solidaritas dan pembangunan

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021