Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jakarta Timur siap bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Ketua Kadin Jakarta Timur, Anta Ginting
mengatakan, dalam periode kepengurusan baru yang dipimpinnya itu telah menyiapkan langkah-langkah untuk memajukan para pelaku UMKM.

"UMKM ini permasalahannya di Jakarta Timur khususnya, tidak terdata dengan baik, salah satu program kami adalah membuat pendataan yang baik, membuat legalitas UMKM dalam bentuk pendaftaran 'Online Single Submission' 
(OSS)," kata Anta Ginting dalam pelantikan pengurus Kadin Jakarta Timur (Jaktim) di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jakarta, Selasa.

Anta menambahkan, jika nantinya para pelaku UMKM telah terdaftar maka mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelatihan untuk memajukan usahanya.

"Sehingga mereka mempunyai pengetahuan pengelolaan pendanaan dan operasional yang baik," ujar Anta.

Dia mengatakan, dengan pengelolaan dan pendanaan yang baik para pelaku UMKM akan mendapatkan kepastian pendanaan dari perusahaan pendanaan sehingga hal itu dapat juga meningkatkan operasional usaha mereka.

Sekretaris Kota Jakarta Timur Fredy Setiawan berharap kepengurusan Kadin Jakarta Timur yang baru dapat meningkatkan iklim usaha yang kondusif.

"Kita ingin berkolaborasi, bermitra yang pada akhirnya mewujudkan masyarakat yang sejahtera tidak hanya secara sosial tapi juga bisa merata mulai dari UMKM paling bawah," ujar Fredy Setiawan.
Baca juga: Pemkot Jaktim serahkan bantuan kepada UMKM dan warga disabilitas
Baca juga: TMII gelar bazar aneka produk UMKM

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021