Laksanakan dengan niat baik dan ikhlas serta konsekuen dalam peningkatan pelayanan.
Muara Teweh (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto menegaskan dengan adanya Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) jangan sampai masyarakat tidak terlayani, mengingat SPKT wujud pelayanan kepolisian yang aplikatif bagi masyarakat.

"Laksanakan dengan niat baik dan ikhlas serta konsekuen dalam peningkatan pelayanan," kata Kapolda Nanang saat meresmikan penggunaan SPKT Polres Barito Utara, di Mapolres setempat di Muara Teweh, Selasa.

Pada peresmian tersebut Kapolda didampingi Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Kapolres setempat AKBP Dodo Hendro Kusuma, dan dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta pejabat dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kalteng mengapresiasi sinergi yang baik dari semua pihak. Dalam SPKT, Polres Barito Utara memberikan pelayanan terkait informasi seperti Dumas Presisi, penerimaan laporan pengaduan dari masyarakat yang diduga dilakukan oleh anggota Polri.

"Kemudian, pemberian informasi tentang pelayanan satlantas secara luas, pelayanan tentang pembuatan izin-izin (keramaian, SKCK), informasi tentang reskrim, dan pelayanan pengaduan-pengaduan dan sidik jari," kata dia pula.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyambut baik adanya SPKT Polres Barito Utara, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih mudah.

"Dengan ini masyarakat dapat menerima pelayanan terbaik dari polres," ujar Nadalsyah.

Kedatangan Kapolda dan rombongan di Mapolres Barito Utara disambut pengalungan bunga oleh murid TK Kemala Bhayangkari Muhammad Arka Pambudi dan dilanjutkan dengan upacara adat potong pantan.

Potong pantan dalam masyarakat Kalteng khususnya di Barito Utara merupakan salah satu upacara adat penyambutan tamu penting oleh masyarakat Suku Dayak diiringi dengan musik tradisional dan nyanyian-nyanyian.

Potong pantan merupakan tradisi bagi pejabat yang datang dengan tujuan agar tamu yang datang dari daerah lain terhindar dari halangan dan rintangan serta dilancarkan seluruh kegiatannya.

Kapolda Kalteng sebagai tamu dan Bupati Barito Utara sebagai tuan rumah melaksanakan acara potong pantan (semacam kayu bulat yang dipotong dengan mandau).
Baca juga: Lima polisi Polda Kalimantan Tengah dipecat dengan tidak hormat
Baca juga: Inovasi Polda Kalimantan Tengah dinilai bikin masyarakat nyaman

Pewarta: Kasriadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021