Cirebon (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meresmikan program studi (Prodi) siber Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jawa Barat, dan diharapkan bisa memberikan kemudahan anak bangsa dalam mengakses pendidikan.

"Yang kesulitan mengakses pendidikan karena jarak dan biaya, fakultas siber ini kita harapkan bisa dimanfaatkan oleh anak bangsa yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi," kata Menag Yaqut di Cirebon, Selasa, saat meresmikan Prodi Siber PAI IAIN Cirebon.

Baca juga: STAIN Cirebon Resmi Jadi IAIN

Ia mengatakan Prodi Siber PAI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini diharapkan bisa mempermudah anak bangsa dalam mengakses pendidikan.

Mahasiswa Prodi Siber PAI, kata Menang Yaqut, tidak lagi harus datang ke kampus, karena sudah bisa kuliah dari rumah atau dimana pun.

"Mahasiswa nantinya bisa mengakses pendidikan dengan mudah, karena tidak harus datang ke kampus, tapi mereka bisa kuliah belajar dari mana pun serta rumah masing-masing," ujarnya.

Kemenag, kata Yaqut, juga memberikan beasiswa kepada 200 mahasiswa untuk program awal dan nantinya ditambah lagi agar bisa mencakup lebih luas.

Baca juga: Menag: Rumah ibadah harus jadi contoh terbaik pencegahan COVID-19

Baca juga: Menag sebut WNI bisa masuk Arab Saudi tanpa vaksin penguat


Menag Yaqut menambahkan ke depan IAIN Cirebon dikembangkan menjadi Universitas Siber agar mampu menjangkau anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

"Kami sedang mengejar, untuk memenuhi keterbatasan fakultas, supaya fakultas ini bisa bertambah, akan kami komunikasikan dengan Kemenpan RB agar penambahan fakultas ini bisa disegerakan dan akses pendidikan bisa segera didapat," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021