Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengungkapkan penyelenggaraan Customer Experience (CX) Summit 2021 mengajak praktisi dan pelaku bisnis memperkuat dan meningkatkan pengalaman digital pelanggan atau kustomer di era Experience Economy.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan bahwa customer experience menjadi strategi diferensiasi yang penting dilakukan oleh semua bisnis agar dapat bertahan dalam kompetisi di era Experience Economy ini.

“Customer experience telah menjadi salah satu prioritas TelkomGroup sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, Telkom masih terus berupaya menghadirkan customer experience yang semakin baik dari waktu ke waktu. Telkom pun berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan ekosistem serta kapabilitas digital untuk membangun kedaulatan digital bangsa, membangun negara yang kuat, dan meraih peluang-peluang baru di seluruh negeri,” ujar Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Telkom kaji rencana konsolidasi data center

Telkom kembali menyelenggarakan Customer Experience (CX) Summit 2021 untuk keempat kalinya dengan mengusung tema “Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience”.

Tema yang dipilih menggambarkan harapan membangkitkan kembali semangat dan motivasi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik setelah melewati pandemi selama dua tahun ini, sehingga mampu membangkitkan kembali perekonomian bisnis dengan mentransformasikan customer experience serta strategi yang lebih tepat. Acara ini diisi keynote speaker dari sejumlah pejabat negara seperti Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap acara CX Summit 2021. Ia memaparkan kembali dominasi UMKM yang memiliki kontribusi cukup besar pada PDB Nasional.

Baca juga: Telkom catat laba bersih kuartal III 2021 sebesar Rp18,9 triliun

Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan jika UMKM mendominasi 99,9 persen pelaku usaha di Indonesia, berkontribusi sebanyak 61 persen terhadap PDB nasional, mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen dan kontribusi pada ekspor sebesar 14,37 persen.

“Pelaku UMKM memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan dan pemulihan ekonomi nasional. Di tengah disrupsi karena pandemi dan disrupsi digital gelombang kedua, transformasi digital menjadi sangat penting bagi UMKM. Ekonomi digital Indonesia tumbuh sangat signifikan. Pada 2020, nilai ekonomi digital tercatat mencapai Rp640 triliun. Angka ini diproyeksi meningkat 8 kali lipat menjadi Rp4.351 triliun di 2030,” kata Teten.

CX Summit 2021 merupakan kolaborasi antara Telkom dengan Indonesia Customer Experience Professional (ICXP) membahas aspek-aspek strategis yang mengedepankan peningkatan kualitas pengalaman pelanggan atau yang sering disebut sebagai Customer Experience (CX), diantaranya aspek terkait transformasi perusahaan menuju customer-centric, customer experience bagi perusahaan, industri UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah), industri ekonomi kreatif dan pariwisata.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021