Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia menerima dua unit ambulans khusus COVID-19 dari PT Gajah Tunggal untuk kemudian digunakan sebagai operasional PMI Kota Tangerang dalam melayani kebutuhan masyarakat.

"Hari ini kita menyerahkan dua unit ambulans dalam mendorong gotong royong kemanusiaan. Selain ini Gajah Tunggal telah melakukan kegiatan, vaksinasi terhadap 18 ribu karyawan, seputar pabrik di Kota Tangerang dan Karawang 54 ribu, serta melakukan donor plasma konvalesen sebanyak 134 pendonor, " kata Presiden Direktur Gajah Tunggal, Sugeng Raharjo dalam keterangan yang diterima di Tangerang, Banten, Selasa.

Penyerahan bantuan dua unit ambulans COVID-19 yang diterima langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI dari Presiden Direktur Gajah Tunggal, Sugeng Raharjo. Hadir juga ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah.

Baca juga: PMI ajak akademisi perkuat pendidikan kebencanaan

Sugeng Raharjo mengatakan bantuan ini merupakan yang kedua kali, tahun 2020 Gajah Tunggal menyumbangkan 1 juta masker untuk penanganan COVID-19.

"Pada saat puncak covid, Gajah Tunggal juga menyumbangkan oksigen untuk RS. Saat ini dalam rangka memperingati 70 tahun PT Gajah Tunggal, bantuan ini semoga dapat memperlancar dalam layanan kesehatan PMI," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, Terima kasih atas dukungan PT. Gajah Tunggal kepada PMI dalam penanganan COVID-19.

"Dalam operasi kemanusiaan, pokoknya kebutuhan ambulans harus terpenuhi. Bantuan ambulan ini nantinya bisa digunakan untuk mengganti armada yang lama, dan perlu peremajaan. Dengan makin luasnya dampak bencana maka sangat dibutuhkan ambulans, selain kebutuhan truk tangki untuk distribusi air bersih yang merupakan prioritas utama," ujarnya.

Baca juga: PMI kerahkan personel bersihkan tempat ibadah terdampak erupsi Semeru
Baca juga: PMI perkuat kelembagaan melalui modernisasi organisasi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021