Bencana yang menimpa negeri ini adalah duka kita bersama. Di tengah kondisi seperti inilah kita praktikkan falsafah hidup untuk saling membantu, sesuai azas Pancasila
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR Rafli menilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran penting dalam tanggap bencana di Indonesia tidak hanya saat erupsi gunung berapi tetapi juga bencana lain, seperti banjir, longsor, dan sebagainya.

Oleh karena itu, menurut Rafli di Jakarta, Selasa, kepedulian Pertamina terhadap korban erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, merupakan hal positif.

“Kami mengapresiasi kepedulian mereka. BUMN seperti Pertamina memang punya peran penting pada setiap penanggulangan bencana alam dan nonalam. Mereka terus menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, kepedulian tersebut tidak hanya dilakukan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang dan sekitarnya. Ketika terjadi bencana lain pun, seperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya, BUMN seperti Pertamina selalu melakukan langkah cepat dalam memberi bantuan.

“Bencana yang menimpa negeri ini adalah duka kita bersama. Di tengah kondisi seperti inilah kita praktikkan falsafah hidup untuk saling membantu, sesuai azas Pancasila,” kata dia.

Rafli juga berharap supaya penyaluran bantuan terus diawasi, agar bantuan yang diberikan benar-benar diterima korban yang membutuhkan.

"Makanya, perlu juga kita awasi bersama agar bantuan disalurkan betul-betul tepat sasaran," ujarnya.

Sebelumnya, Pertamina yang merupakan salah satu BUMN, beberapa kali terjun ke lokasi erupsi Gunung Semeru dan memberi bantuan kepada para korban.

Hingga saat ini, Pertamina sudah menyalurkan bantuan berupa dua ton beras, 0,5 ton gula pasir, 400 item minyak goreng, 100 item susu kental manis, 137 boks mie instan, dan makanan pendukung lainnya, seperti susu kental manis, makanan bayi, roti dan biskuit, serta makanan kaleng hampir 1.000 item. Termasuk di antaranya, juga 300 item madu agar stamina dan imunitas korban tetap terjaga.

Selain itu, BUMN energi ini juga memberikan 50 tabung Bright Gas dan 20 unit kompor untuk dapur umum bagi pengungsi.

Pertamina juga menyalurkan 700 boks masker medis dan masker KN 95 dan 50 tabung Oxycan untuk mengantisipasi paparan debu vulkanik. Pertamina juga menyalurkan berbagai perlengkapan, di antaranya selimut dan sarung hingga 900 item, terpal, tikar, dan jas hujan hampir 400 item, serta kebutuhan bayi dan kewanitaan.

Agar tepat sasaran, seluruh bantuan diserahkan langsung melalui Satgas Bencana Nasional BUMN wilayah Jawa Timur, untuk kemudian disalurkan ke posko-posko pengungsian yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Satgas Bencana BUMN Jatim salurkan bantuan Semeru tahap dua
Baca juga: Kementerian BUMN salurkan bantuan modal tanpa agunan di Sumsel
Baca juga: Tiga destinasi wisata terima bantuan Kementerian BUMN Rp450 juta

Pewarta: Subagyo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021