Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menyambut baik rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merenovasi Sirkuit Sentul, Bogor pada tahun 2022.

"Kami sangat mendukung, terlebih kan tahun ini kita sedang menata wajah ibu kota kabupaten di Cibinong Raya," ungkap Bupati Bogor, Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Selasa.

Menurutnya, rencana revitalisasi dan desain ulang tersebut akan membangkitkan potensi perekonomian dari bidang keolahragaan dan pariwisata. Pasalnya, Kabupaten Bogor kini memiliki tagline Sport and Tourism.

Ade Yasin menyebutkan bahwa sirkuit dengan panjang lintasan 4,12 kilometer itu secara fisik bagus hanya saja berdasarkan informasi yang ia terima dari pihak pengelola Sirkuit Sentul, perlu ada beberapa perbaikan dalam mendesain ulang sirkuit menjadi tempat adu balap MotoGP pada 1996 itu.

Sementara, Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Gus Udin menyebutkan bahwa rencana desain ulang Sirkuit Sentul selaras dengan penataan wajah ibu kota Kabupaten Bogor yang dilakukan Pemkab Bogor mulai dari Simpang Sentul hingga ke kawasan Stadion Pakansari.

Baca juga: Ridwan Kamil: Sirkuit Sentul akan didesain ulang

Penataan Simpang Sentul merupakan bagian dari program penataan Kawasan Cibinong Raya yang bernama “City Beautification Project”.

"Saat ini pula penataan Jalan Kandang Roda sedang dalam tahap pengerjaan dan pembangunan infrastruktur lainnya sedang dalam proses persiapan," ujar pria bernama asli Saepudin Muhtar itu.

Penataan Ci­binong Raya sebagai ibu kota Kabupaten Bogor dilakukan mulai dari Simpang Sentul hingga Jalan Raya Tegar Beriman. Bahkan, penataannya akan terus dilanjutkan hingga perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kota Depok.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan Sirkuit Sentul di Kabupaten Bogor akan didesain ulang pada 2022 mendatang.

Baca juga: DPRD-Pemkab Bogor sahkan APBD tahun 2022 senilai Rp7,76 triliun

Sirkuit yang pernah menjadi tempat adu balap MotoGP pada 1996 itu nantinya akan menjadi salah satu sirkuit terbaik dunia dengan nama West Java Sentul International Circuit.

"Tahun depan, di sini akan rebound dan didesain ulang menjadi salah satu sirkuit terbaik dunia, West Java Sentul International Circuit," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Senin.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, berharap West Java Sentul International Circuit bisa kembali menggelar ajang bertaraf internasional. Dengan begitu, pariwisata dan perekonomian masyarakat dapat meningkat.

"Nantinya bisa menggelar event-event bertaraf internasional, dan diharapkan pariwisata dan ekonomi kerakyatan di sini meningkat," ujar Emil.

Dia pun meminta dukungan dari semua pihak agar ke depannya West Java Sentul International Circuit dapat menjadi sirkuit kebanggaan Indonesia, seperti Sirkuit Mandalika Lombok.

"Kalau NTB punya Sirkuit Mandalika, maka Jabar punya West Java Sentul International Circuit, mohon dukungan dari semua pihak," tutur Emil.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021