Kemenkominfo menilai Pemkot Medan berhasil menerapkan layanan administrasi kependudukan dan pencapaian penyusunan rencana utama dan implementasi program kota pintar
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima penghargaan smart city (kota pintar) kategori "smart governance" dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) di Tangerang, Banten, Selasa.

Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate pada perhelatan "Gerakan Menuju Smart City" dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan.

Kemenkominfo menilai Pemkot Medan berhasil menerapkan layanan administrasi kependudukan dan pencapaian penyusunan rencana utama dan implementasi program kota pintar.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Medan mengaku Pemkot Medan tengah mengembangkan layanan terintregrasi penyelenggaraan pemerintah daerah efektif, efesien, transparan dan akutanbel.

Selain pelayanan publik yang maksimal, lanjut Bobby, Pemkot Medan juga mengembangkan dimensi smart city lainnys, di antaranya "smart economy", "smart branding" dan "smart society".

"Nantinya kami berharap sistem smart city di pembangunan telekomunikasi dan literalisasi digital yang berdampak bagi pemulihan wisata di Kota Medan," tutur Wali Kota Bobby.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, sebelumnya menyebut pihaknya tengah mendorong penerapan dan pengembangan smart city yang difokuskan kepada enam pilar.

Keenam pilar itu, terang Johnny, yaitu "smart governance", "smart infrastructure", "smart economy", "smart living", "smart people" dan "smart environtment".

"Gerakan Menuju Smart City adalah suatu inisiatif bersama antara Kominfo dengan berbagai elemen guna mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia," katanya.
Baca juga: Menkominfo ajak kepala daerah tingkatkan keahlian digital
Baca juga: Pemerintah tingkatkan layanan publik lewat integrasi data SPBE
Baca juga: Menkominfo: "Smart City" jawab tantangan kependudukan di era digital

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021