Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen menggelar pesta gol dalam laga tandang Liga Jerman terakhir mereka pada tahun 2021 dengan melumat VfB Stuttgart 5-0 di Stadion Mercedes-Benz Arena, Selasa waktu setempat (Jumat WIB).

Serge Gnabry dan Robert Lewandowski menjadi aktor utama dalam pesta gol Bayern, masing-masing mengemas trigol dan dwigol ke gawang Stuttgart yang kesulitan membendung ketajaman tamunya, terutama di babak kedua.

Gnabry memecahkan kebuntuan lima menit jelang turun minum ketika ia tenang selepas menerim umpan sodoran Leroy Sane dan mengakhirinya dengan tembakan melengkung yang melesak ke pojok tiang jauh.

Babak pertama yang berakhir dalam keadaan tertinggal "hanya" 0-1 memberi Stuttgart kepercayaan diri untuk tampil agresif di awal paruh kedua, sayang beberapa peluang mereka tak banyak merepotkan kiper Manuel Neuer di bawah mistar gawang Bayern.

Delapan menit babak kedua berjalan, Bayern memperlihatkan perbedaan kualitas penyelesaian akhir saat Gnabry mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Thomas Mueller demi menggandakan keunggulan tim tamu.

Stuttgart mendapatkan peluang dari blunder kecil Neuer yang melepaskan umpan buruk, tapi bola kiriman Orel Mangala gagal dimanfaatkan oleh Tanguy Coulibaly. Peluang lain yang diperoleh Philipp Foerster malah berakhir melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Alami masalah paru-paru, Joshua Kimmich akui menyesal tolak vaksin

Bayern memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-69 saat Lewandowski tenang melepaskan sontekan yang melewati atas kepala kiper Florian Mueller dan tiga menit kemudian penyerang asal Polandia itu langsung menggandakan torehannya di papan skor dengan penyelesaian jarak dekat demi mengubah kedudukan jadi 4-0 bagi tim tamu.

Belum reda kekecewaan para pemain Stuttgart, gawang mereka harus bobol lagi pada menit ke-74 ketika Gnabry sigap menyambar bola muntah di muka gawang Stuttgart demi melengkapi torehan trigolnya.

Bayern sebetulnya memiliki beberapa kesempatan untuk menambah marjin tetapi Julian Nagelsmann tentu cukup puas menutup laga dengan kemenangan 5-0 atas Stuttgart.

Bayern kian mantap di puncak klasemen dengan koleksi 40 poin atau unggul sembilan poin dari Borussia Dortmund yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Stuttgart, yang harus merelakan catatan nirkalah tiga laga mereka berakhir, tertahan di urutan ke-15 dengan 17 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bayern selanjutnya akan menutup tahun 2021 dengan menjamu VfL Wolfsburg di Allianz Arena pada Jumat (17/12), sedangkan Stuttgart dua hari kemudian bertandang ke markas FC Cologne.

Baca juga: Bayern cengkeram puncak klasemen seusai bangkit kalahkan Mainz
Baca juga: Leipzig menang besar 4-1, Julian Brandt selamatkan Dortmund

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021