Jakarta (ANTARA) - Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) Qomaruzzaman meraih penghargaan The Best CFO Award 2021 dari Majalah SWA, karena dinilai berhasil menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dalam mendukung keberlangsungan bisnis

“Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berkarya dalam meningkatkan kinerja PKT secara keseluruhan, utamanya menjalankan proses bisnis dengan mencapai kinerja keuangan yang optimal,” kata Qomaruzzaman, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pupuk Kaltim terus beradaptasi dalam pengelolaan keuangan, pendanaan hingga keputusan investasi agar kinerja perusahaan terus tercapai, baik dalam hal pembiayaan program kerja sesuai Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) setiap tahun, maupun program investasi sesuai Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).

“PKT terus melakukan perbaikan secara berkelanjutan, melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan,” ujarnya.

Memasuki era Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity (VUCA), Pupuk Kaltim telah menerapkan berbagai langkah strategis dalam mencapai kinerja optimal di bidang keuangan, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan.

Strategi tata kelola keuangan turut didukung pengembangan SDM di berbagai bidang, sebagai pondasi utama Pupuk Kaltim dalam mencapai kinerja optimal.

Strategi tersebut berfokus pada Agile and Adaptive Organization, Millennial Empowerment, Innovation and Breakthrough Project, Learning Beyond Boundaries dan HR Digitalization.

 “Seluruh upaya tersebut menunjukkan hasil optimal melalui pertumbuhan kinerja Perusahaan, dengan tingkat kesehatan dari aspek keuangan pada kategori Sehat AA,” kata Qomaruzzaman.

Ia pun menekankan akuntabilitas perusahaan untuk seluruh fungsi keuangan dalam mencari berbagai peluang, menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim dalam menjaga keberlangsungan bisnis secara berkesinambungan. Pengaruh digitalisasi dan pandemi COVID-19 juga menuntut perusahaan untuk mampu meningkatkan performa di berbagai bidang, termasuk menangkap peluang baru dengan ragam inovasi model bisnis.

“Pengembangan strategi dan kinerja keuangan menjadi poin penting dalam aktivitas bisnis PKT, agar ke depan mampu menangkap peluang baru yang berdampak positif terhadap revenue perusahaan,” tambah Qomaruzzaman.

Group Chief Editor SWA Media Kemal E Gani mengungkapkan penghargaan ini sebagai dorongan bagi para CFO di Indonesia untuk meningkatkan kinerja sekaligus melahirkan berbagai terobosan efektif dan relevan di bidang keuangan, sehingga mampu mendongkrak kinerja keuangan dan bisnis perusahaan.

Hal ini dipandang penting melihat beragamnya tantangan industri saat ini, sehingga CFO dituntut mampu meningkatkan peran dalam menjaga bisnis perusahaan agar tetap terjaga dan terus tumbuh.

“Para penerima penghargaan ini dapat menjadi best practice bagi para CFO lainnya di Indonesia, sehingga ke depan akan lahir lebih banyak terobosan dalam bidang keuangan yang sesuai dengan era industri masa kini,” ujar Kemal.
Baca juga: Pupuk Kaltim raih Penghargaan Industri Hijau 2021 untuk ke-9 kali
Baca juga: Pupuk Kaltim raih penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating
Baca juga: Pupuk Kaltim terima penghargaan Perusahaan Sahabat Anak


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021