mengapresiasi program jaminan sosial ketenagakerjaan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang akan dimulai pemerintah pada tahun depan.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban mengharapkan adanya bantuan subsidi upah (BSU) yang adaptif bagi pekerja yang menjadi korban bencana alam ke depannya ke depannya.

"Saya maunya ada bantuan subsidi upah yang adaptif misalnya bencana-bencana seperti (erupsi) Semeru," kata Presiden KSBSI Elly dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 tentang BSU yang diikuti dari Jakarta pada Rabu.

Elly mengatakan  BSU saat ini hanya dikucurkan karena masa sulit akibat pandemi dan hal tersebut diakuinya tidak bisa dilakukan secara terus menerus.  Kalau BSU masih diberikan berarti dampak pandemi terhadap ekonomi masih berlanjut.

Di sisi lain, dia mengapresiasi program jaminan sosial ketenagakerjaan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang akan dimulai pemerintah pada tahun depan.

JKP adalah program yang menyasar pekerja korban pemutusan hubungan kerja (JKP) yang akan menerima tiga manfaat yaitu bantuan uang tunai, pelatihan kerja untuk membantu penerima manfaat mendapatkan pekerjaan kembali dan akses informasi pasar kerja.

"Kami apresiasi terhadap pemerintah, terlepas dari segala kekurangan saya kira itu bisa diperbaiki ke depan," ujar Elly.

Dalam diskusi yang sama, Sekretaris Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan Surya Lukita Warman mengatakan BSU adalah upaya jangka pendek mengatasi kondisi darurat akibat pandemi COVID-19.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan beberapa solusi jangka panjang terkait isu ketenagakerjaan termasuk JKP yang akan dimulai Februari 2022.

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi atas masukan dari KSBSI terkait BSU yang lebih adaptif.

"Untuk pekerja informal juga akan diperhatikan, untuk subsidi upah yang adaptif terhadap kalau ada bencana dan lain-lain. Ini juga menjadi masukan berharga bagi kami untuk pengembangan program," demikian Surya.
Baca juga: BSU hasil perluasan cakupan sudah diterima hampir satu juta orang
Baca juga: Kemnaker targetkan selesaikan penyaluran BSU 2021 sebelum akhir tahun
Baca juga: Menaker pastikan percepat penyaluran Bantuan Subsidi Upah 2021

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021