Jakarta (ANTARA) - Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas 1A Jakarta Pusat melakukan kembali inspeksi mendadak terhadap warga binaan menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Karutan Kelas 1A Salemba Jakarta Pusat Yohanis Varianto mengatakan bahwa sidak ini sebagai bentuk pencegahan terjadinya gangguan keamanan dalam Rutan Salemba.

"Sidak ini rutin kami lakukan. Ini kami lakukan lagi agar tercipta suasana aman di dalam Rutan Salemba, terlebih menjelang tahun baru," kata Yohanis di Jakarta, Rabu malam.

Kegiatan sidak dilakukan di blok hunian tipe Blok R yang terdiri atas 24 kamar hunian.

Dari sidak tersebut, petugas mendapati 18 unit telepon seluler, 21 pengisi daya, 7 buah earphone, 3 gunting, 2 senjata buatan, 1 speaker, 1 tang, dan 1 obeng.

"Semua kami temukan di kamar hunian, dan langsung kami amankan untuk dimusnahkan," katanya.

Kegiatan sidak ini juga merupakan instruksi langsung dari Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan tahun baru.

Selain itu, sidak juga untuk pencegahan peredaran narkotika dan barang terlarang lainnya, serta untuk memastikan sarana dan prasarana keamanan dalam kondisi baik.

Baca juga: Rutan Salemba dirikan Pos Gulkarmat untuk antisipasi kebakaran

Baca juga: Warga binaan Rutan Salemba gelar tabur bunga dan doa bersama

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021