Kita doakan Pak Ridwan Kamil bisa menggerakkan desa di Indonesia.
Bandung (ANTARA) - Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Jawa Barat (Jabar) mendukung atau mendorong Gubernur Jabar M Ridwan Kamil untuk maju atau menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PABPDSI Supendi, di Bandung, Rabu, mengatakan alasan pihaknya mendorong Ridwan Kamil untuk menjadi capres berawal dari momentum diangkatnya Ridwan Kamil menjadi Bapak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Indonesia dalam acara Rapat Kerja Nasional BPD di Gedung Merdeka Bandung, bulan lalu.

"Jadi di dalam rakernas yang dilaksanakan kemarin, seluruh peserta dari Indonesia, mengangkat Pak Gubernur Ridwan Kamil menjadi Bapak BPD Indonesia. Karena mereka melihat kinerja Gubernur Jabar yang luar biasa dengan adanya inovasi-inovasi," kata Supendi.

Dia mengatakan dalam Rakernas dan HUT Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (25/11), hampir semua BPD dari semua provinsi di Indonesia menginginkan Ridwan Kamil membangun desa-desa di Indonesia, bukan hanya Jabar.

Menurut dia, PABPDSI dan BPD dari seluruh Indonesia saat itu menginginkan pola pikir dan gagasan Ridwan Kamil dalam membangun desa diterapkan juga di seluruh Indonesia. Sehingga, kata dia, hal inilah yang menjadi pemicu pihaknya mendorong Ridwan Kamil untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

"Jadi kami ingin menggelorakan Indonesia Juara, bukan hanya Jabar Juara. Kita doakan Pak Ridwan Kamil bisa menggerakkan desa di Indonesia," kata Supendi yang juga Ketua Harian PABPDSI Jabar ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan bersepakat beberapa hari ke depan, BPD di Jabar dan juga sebagai Pengurus PABDSI akan mendeklarasikan Ridwan Kamil menjadi calon presiden RI.

Wakasekjen PABPDSI Karno pada awalnya tidak terpikir untuk mendorong Ridwan Kamil menjadi calon presiden.

Akan tetapi, kata Karno, dari pengangkatan Ridwan Kamil menjadi Bapak BPD Indonesia, menggugah BPD yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia untuk mendorongnya menjadi capres.

"Dan kami berpikir Pak Ridwan Kamil perlu mengubah Indonesia jadi lebih baik, berawal dari desa. Kami dorong gimana dorong Indonesia Juara dikomandoi Ridwan Kamil. Harus dirasakan manfaatnya di seluruh Indonesia," katanya pula.

Sebagai contohnya beberapa program di Jabar untuk pembangunan desa, dari mulai Petani Milenial, Satu Desa Satu Produk, dan Desa Digital. BPD di provinsi lain, katanya, menginginkan program-program inovatif seperti ini.

"Oleh karena itu, kami sepakat di dalamnya sebagian besar BPD di Indonesia ingin dorong gerakan Indonesia Juara. Kami tentukan arah, mendorong beliau jadi Presiden RI," katanya pula.
Baca juga: Sejumlah elemen pemuda bentuk RK24 dukung Ridwan Kamil capres 2024
Baca juga: Survei JSPP: Mayoritas warga Jabar ingin Ridwan Kamil maju di Pilpres

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021