Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah menyatakan keberadaan Rumah BUMN BRI dapat menjadi solusi dalam mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh koperasi dan UMKM di daerah.

"Harapannya Rumah BUMN bisa berkolaborasi dengan PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah) sehingga menjadi solusi bagi pengembangan UMKM di Tanah Air," ujarnya ketika menghadiri Opening Ceremony Rumah BUMN BRI sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Rabu.

Ia berharap kehadiran Rumah BUMN menjadi wadah dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan bagi UMKM guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sektor tersebut.

Saat ini, pihaknya disebut tengah menyiapkan rumah besar bagi koperasi dan UMKM agar dapat terus tumbuh dan berkembang di antaranya dengan membangun kembali 74 PLUT-KUMKM yang tersebar di seluruh Indonesia

Keberadaan Rumah BUMN ini dinilai sejalan dengan program Kemenkop-UKM tersebut.

Selain itu, pihaknya juga tengah berkolaborasi dengan beberapa platform e-commerce, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan CrediBook dalam Program Roadshow Klinik UMKM yang didukung oleh mitra-mitra kolaborasi, antara lain Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUMKM (LPDB-KUMKM), Kartu Prakerja, dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN).

"Program ini bertujuan membantu pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM sekaligus mempercepat transformasi digitalisasi UMKM melalui pelatihan seputar akses bisnis, pembiayaan, serta akses ke pemasaran," ungkap Deputi.

Upaya lainnya dalam meningkatkan kapasitas UMKM ialah melalui peningkatan kualitas dan kapasitas produksi, program rumah produksi bersama (factory sharing), inkubasi usaha melalui lembaga-lembaga inkubator, serta pendampingan dan konsultasi bisnis.

Pada tahun 2021, Kemenkop dan UKM dikatakan telah bersinergi dengan 11 lembaga inkubator terpilih melalui program Fasilitasi Pengembagan Lembaga Inkubator dan Fasilitasi Inkubasi Usaha bagi Start-Up yang menginkubasi 284 tenant dengan berbagai macam produk inovasi.

"Kami berharap dapat lebih luas lagi berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Bank BRI untuk ikut serta dalam program Roadshow Klinik UMKM dan memberikan akses pembiayaan untuk pengembangan usaha ke depannya," kata Siti Azizah.

Baca juga: Kemenkop-SMESCO dan Kimia Farma kolaborasi dorong penjualan produk UKM

Baca juga: Kemenkop UKM sebut mudahkan pendirian perseroan perorangan pelaku UMK


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021