Tokoh Riau Ismail Suko Meninggal Dunia

Tokoh  Riau Ismail Suko Meninggal Dunia

Sejumlah warga memberikan penghormatan terakhir di depan jenazah tokoh Riau, Ismail Suko, di rumah duka Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Riau, Selasa (17/5). Ismail Suko yang meninggal dunia di Malaka, Malaysia, akibat menderita sakit pada 16 Mei adalah tokoh demokrasi Riau, memenangkan Pemilu Gubernur tahun 1985 tapi tak pernah dilantik karena tak mendapat restu rezim Orde Baru. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA News) - TokohRiau, Ismail Suko, meninggal dunia di Malaka, Malaysia, pada Senin pukul 17.00 WIB dalam 71 tahun.

Ismail Suko meninggal di Rumah Sakit Mahkota Malaka karena sakit, kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Chairul Rizky.

Menurut dia, jenazah almarhum akan dimakamkan di Pekanbaru pada Selasa (17/5). Jenazah  dijadwalkan tiba di rumah duka Selasa pukul 08.00 WIB.

"Kemungkinan besar jazad almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Pekanbaru karena ia banyak berjasa di Riau," ujarnya.

Ismail Suko merupakan putra asli Riau, lahir tanggal 15 Juni 1939 di Pasir Pangarayan, Kabupaten Rokan Hulu. Almarhum semasa hidupnya tercacat sebagai tokoh demokrasi di Riau, menyuarakan aspirasi daerah saat rezim represif pada Orde Baru.

Kiprahnya di politik pernah menjadi fenomenal karena terpilih sebagai Gubernur Riau pada Pemilu tahun 1985. Saat itu ia secara mengejutkan mengalahkan calon gubernur yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Alhasil, Ismail Suko tak pernah menduduki jabatan sebagai gubernur karena dipaksa mundur oleh pemerintah pusat saat itu.

Darah kepemimpinan Ismail Suko menurun ke anaknya, Septina Primawati, yang kini menjadi isteri Gubernur Riau Rusli Zainal. Septina kini menjadi salah satu kandidat Wali Kota Pekanbaru periode 2011-2016.
(F012/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar