Jakarta (ANTARA) - Layanan video YouTube membagi data bahwa beberapa topik video seperti acara makan (mukbang) hingga video musik lokal termasuk dari konten-konten yang banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia tahun ini.

"Pada tahun 2021, video, konten, dan kanal trending teratas yang menarik minat masyarakat Indonesia sebagian besar memiliki kualitas yang sama yaitu menyajikan pengalaman berbeda, otentik, dan spontan," kata YouTube dalam keterangannya, Kamis.

"Mulai dari memasak daging sapi utuh untuk berbagi dengan masyarakat sekitar, Jessica Jane makan bakso lava 35kg bersama Jess No Limit, video Zoey ASMR hingga mukbang kepiting raksasa Tanboy Kun dengan saus samyang nuclear - Orang Indonesia menikmati beragam konten video lezat di YouTube tahun ini," imbuhnya.

Baca juga: Makanan hits di 2021 dan prediksi tren kuliner di 2022

Baca juga: Tren pencarian Google 2021: BTS Meal, Piala Euro hingga PeduliLindungi


Di bidang musik, YouTube melihat musisi dan kreator tanah air terus memenangkan hati Indonesia dan pandemi tidak menghentikan mereka untuk berkolaborasi dan berkarya.

Misalnya seperti kolaborasi virtual Tulus dengan Erwin Gutawa hingga dua lagu Denny Caknan - Satru (ft Happy Asmara) dan Angel (ft Cak Peril), menjadi salah satu video musik trending teratas di YouTube tahun ini.

Tak hanya ragam video, YouTube menilai pertumbuhan kreator konten Indonesia juga bertumbuh. "Kami telah melihat pencapaian yang luar biasa di Indonesia. Jika ada satu hal yang pasti, Indonesia penuh dengan pertumbuhan dan talenta," kata YouTube.

Dari kreator game, Kopral Jono duduk sebagai salah satu dari 10 Kreator Teratas di YouTube tahun ini, bersama dengan para veteran seperti Frost Diamond, Ria Ricis, Jess No Limit, dan Deddy Corbuzier.

Sedangkan posisi teratas untuk Breakout Creator ditempati oleh Candra Dewi & Fika Official.

Di sisi lain, pada 16 Desember pada 12.00 WIB, YouTube akan meluncurkan ESCAPE2021 -- acara interaktif 24 jam yang diselenggarakan secara eksklusif di YouTube yang menampilkan Lofi Girl -- yang menyatukan penggemar di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam serangkaian tantangan berbasis tren tahun 2021 dengan tujuan membantu Lofi Girl beristirahat dari kamar dan kegiatan belajarnya.

Menggunakan fitur live chat, penggemar akan bekerja sama untuk memecahkan tantangan, menjawab pertanyaan trivia, dan berpartisipasi langsung secara real-time.

Akan ada tiga babak dalam livestream untuk memungkinkan semua orang di seluruh dunia untuk berpartisipasi, terlepas dari zona waktu. Setelah peserta berhasil melewati semua tantangan tren, acara akan diakhiri dengan penampilan eksklusif dari bintang tamu musik yang akan menjadi kejutan.

Selain Lofi Girl, penampilan lain yang ditampilkan dalam streaming langsung termasuk BTS, BLACKPINK, Lil Nas X, Mark Rober, Doja Cat, Hydraulic Press Channel, SeanDoesMagic, Dan Rhodes, The Kid LAROI, Masked Wolf, Jelle’s Marble Runs, AyChristineGames, MuselK dan masih banyak lagi.

Baca juga: QR Code hingga e-wallet jadi tren pembayaran digital Indonesia 2021

Baca juga: Perjalanan domestik jadi andalan sektor pariwisata selama 2021

Baca juga: Tren kencan online 2021 dari emoji hingga lokasi favorit

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021