terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung
Sibolga (ANTARA) - Seekor harimau sumatera jantan dewasa yang sempat meresahkan masyarakat Kecamatan Ulu Barumun dan Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, sejak beberapa waktu belakangan ini, akhirnya masuk perangkap kandang jebakan.

"Harimau berhasil masuk kandang jebakan yang dipasang di sekitar lokasi perkebunan masyarakat Desa Siundol Julu," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI, BBKSDA Sumut Darmawan, Kamis.

Ia mengatakan, petugas gabungan KSDA Resort Barumun III, bersama sejumlah personel TNI-Polri dibantu masyarakat saat ini sedang melakukan proses penurunan kandang jebakan dari lokasi perkebunan masyarakat desa setempat.



Rencananya, harimau liar tersebut akan dievakuasi ke Sanctuary Harimau Sumatera Barumun, atau tempat rehabilitasi harimau kerja sama BBKSDA Sumut dengan Yayasan Bodhicita Mandala Medan, di Aek Godang.

"Nantinya harimau itu akan diperiksa kesehatannya dan diobati apabila sakit," katanya.

Terkait penanganan teror harimau yang sempat meresahkan warga, khususnya di Desa Siraisan, Desa Pagaranbira Jae, Desa Pagaranbira Julu, Desa Hutabargot, Desa Hutabaru Siundol, Desa Siundol Dolok dan Desa Siundol Julu, beberapa waktu belakangan ini, Darmawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak telah mendukung operasi itu.

Apresiasi juga ia sampaikan kepada TNI - Polri, dari Makoramil 07 Sosopan, jajaran Kodim Tapanuli Selatan dan Mapolsek Sosopan, jajaran Polres Palas, juga pihak Pemkab Padang Lawasserta seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam penanganan harimau tersebut.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh saat proses penangan teror harimau tersebut," katanya.
 

Pewarta: Juraidi dan Ashari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021